oleh

Optimalkan Fungsi Pengawasan Anggaran, DPRD Pultab Gelar Bimtek di Jakarta

-Daerah-1.043 views

JAKARTA –  Guna meningkatkan kualitas dan peran dalam pembangunan daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Pulau Taliabu (Pultab), Provinsi Maluku Utara bekerjasama dengan Lembaga Pusat Konsultasi Pemerintahan Daerah (PKPD) menggelar bimbingan teknis (bimtek) pemberdayaan anggota.

Kegiatan Bimtek digelar sejak 01- 04  Agustus 2019 di Hotel 88, Jalan Mangga Besar Raya, Nomor 6 Jakarta Pusat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi kelegeslasian, penganggaran dan kaitannya dengan pengawasan lembaga terkait.

Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Pulau Taliabu, Rifai Haitami mengatakan, bimtek ini salah satu dari sekian kegiatan internal DPRD. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota.

“Kegiatan Bimtek dalam rangka  optimalisasi fungsi dan peran anggota DPRD terkait dukungan terhadap  pembangunan daerah.  Kegiatan ini, DPRD Pulau Taliabu  bekerjasama dengan PKPD di Jakarta Pusat”,  kata Rifai Haitami, Jum’at (2/08/2019) siang tadi.

Lanjut Rifai, Bimtek melibatkan seluruh anggota dan pucuk pimpinan DPRD Pulau Taliabu karena dianggap sangat penting untuk diikuti. Karena transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan APBD menjadi fokus utama legislatif agar anggaran daerah yang disetujui membawa manfaat nyata bagi masyarakat.

“Tentuya, dalam memenuhi tujuan tersebut,  semua perlu dilakukan penguatan kapasitas kepada  seluruh anggota DPRD Pulau Taliabu,” terangnya.

Diharapkan, melalui Bimtek yang digelar dapat bermanfaat bagi seluruh unsur yang ada di DPRD Pulau Taliabu, karena DPRD sebagai lembaga legislatif merupakan lembaga perimbangan terhadap kekuasaan eksekutif, dengan demikian negara mengatur fungsi-fungsi dan tugas DPRD agar pemerintahan berjalan efektif, transparan dan akuntabel

“Kami berharap kegiatan Bimtek bermanfaat bagi  DPRD Pulau Taliabu  dalam mendorong Pemerintah Daerah untuk mengisi pembangunan daerah melalui  ide dan gagasan seluruh anggota DPRD,” harapnya. (DS)

Komentar