oleh

Warga Soligi Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis Dari Harita Nickel

-Daerah-1.255 views


HALSEL – Harita Nickel Division melalui Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Desa Soligi, Kecamatan Obi Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (5/10) itu, melibatkan sekitar 50 orang warga desa setempat. Mereka mendapat pelayanan kesehatan gratis mulai dari pemeriksaan tekanan darah, kadar gula, kolesterol, asam urat, hingga penyuluhan yang dapat meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya kualitas kesehatan.

Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap warga desa yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan. Saat ini, akses warga Desa Soligi untuk mendapat fasilitas kesehatan yang memadai cukup terhambat oleh jarak dan biaya. Bahkan mereka  perlu menempuh perjalanan laut dengan ongkos transportasi mencapai ratusan ribu rupiah untuk sampai di Puskesmas Obi Selatan maupun RSUD Labuha.

Meski tetap beroperasi dan melayani warga, Poliklinik Desa (Polindes) Soligi belum dilengkapi fasilitas yang representatif. Harita Nickel Division bersama pemerintah desa setempat, pihak puskesmas, dan tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Soligi kemudian membuat kerja sama di bidang kesehatan.

Pihak perusahaan pun mengerahkan tim medis PT Megah Surya Pertiwi (MSP) yang merupakan salah satu perusahaan di bawah naungan Harita Group, lengkap dengan berbagai peralatan medis yang dibutuhkan. Dari kegiatan yang terselenggara ini, Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Soligi, Ratna Adam, S.Pd. mengucapkan apresiasinya kepada Harita Nickel Division.

“Kesehatan sangat penting bagi kita, tetapi pemenuhan kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan masih kurang dengan tidak adanya peralatan medis di desa kami. Jadi dengan adanya program ini dapat membantu masyarakat dalam hal pemeriksaan gratis,” ujar Ratna.

juga berharap bahwa kegiatan ini tidak berakhir begitu saja. Menurutnya program yang juga melibatkan ibu PKK ini harus terus berlanjut sehingga semakin memberi manfaat bagi masyarakat.

Di lain pihak, Manajer Departemen CSR Sungging Septivianto mengungkapkan bahwa program ini menjadi salah satu fokus timnya dalam mengimplementasikan satu dari empat pilar CSR Harita Nickel Division yaitu kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian perusahaan terhadap kesehatan masyarakat Desa Soligi. Melalui cek tekanan darah, kolesterol, gula darah dan asam urat diharapkan akan membantu masyarakat khususnya lansia dalam mendeteksi potensi penyakit di usia senja. Jadi intinya kami ingin mendekatkan fungsi layanan kesehatan yang selama ini sulit mereka dapat karena di daerah terpencil,” jelasnya.

Deputy Head of CSR and External Relation Harita Nickel Division, Alexander Lieman, juga mendukung dan mengapresiasi kerja sama yang terjalin bersama warga Desa Soligi di bidang kesehatan.

“Melalui pemeriksaan dan pengobatan gratis, menjadi awal kerja sama kami dengan Desa Soligi. Kami yang mempunyai akses terhadap obat-obatan dan perawatan medis berharap bisa menjadi jembatan untuk membantu kesehatan masyarakat Desa Soligi, baik dalam pengobatan maupun pendidikan hidup sehat,” pungkasnya.

(Red)

Komentar