oleh

Aksi Desakan Naikan Harga Kopra Terus Berlanjut

-Ekonomi-2.475 views

TERNATE – Ratusan mahasiswa dari Koalisi Perjuangan Rakyat (KOPRA) Maluku Utara kembali melakukan aksi unjuk rasa mendesak Pemerintah segera menaikan harga kopra, pada Senin (17/12/18).

Ratusan mahaiswa dari berbagai organisasi ini, menduduki kawasan Landmark Ternate dan memboikot separuh jalan di depan kantor walikota Ternate.

Kordinator Lapangan (Korlap) Hamdan, menyampaikan, aksi yang dilakukan itu, tidak akan berhenti hingga ada kepastian kenaikan harga komoditi kopra dari pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pusat.

“Kami akan terus suarakan ke Pemerintah untuk menaikan harga kopra. Kami nilai Pemerintah Provinsi, “munafik” penjajah rakyat,” teriak Hamdan saat berorasi Senin tadi.

Menurut Hamdan, pemerintah pusat harus melihat penderitaan petani kopra di Maluku Utara, sejak beberapa bulan para petani kopra Maluku Utara menjerit, karena harga kopra anjlok.

“Anak mereka putus sekolah, karena harga kopra, dimana pemerintah dengan situasi saat ini,” teriaknya lagi.

Dari pantauan dilapangan, aksi dengan tuntutan naikan harga kopra ini berjalan aman, ratusan mahasiswa juga mengancam akan melakukan aksi dengan masa yang lebih besar lagi.

“Kami akan kembali dengan masa yang lebih banyak, kami akan memboikot Bandara dan tempat vital lainnya,” kecam mahasiswa.

Terpisah, Wakapolres Ternate, Kompol Jufri Dukomolamo,usai aksi, mengatakan, unjuk rasa (unras) dari mahahsiswi berjalan dengan baik. Pihaknya juga menerjunkan 200 personil untuk pengaman aksi unjuk rasa.

“Tadi kami juga sudah memberi himbaun kepada masa aksi untuk membubarkan diri, karena aksi itu hanya sampai pada pukul 18.00 saja sesuai dengan aturan undang-undang,” kata Wakapolres tadi.

Berdasarkan UUD nomor 9 tahun 1998, kata wakapolre, waktu unjuk rasa yang di berikan batas waktunnya hanya sampai 18.00 wit. Untuk itu, pihaknya berharap agar para mahasiswa juga harus mematuhi aturan tersebut,” tegas Wakapolres Ternate ini.

(Fi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *