oleh

Bawaslu Halsel Ajak Pers Awasi Pilkada 2020

-Politik-1.920 views
Rapat koordinasi penyusunan Indeks Kerawanan Pilkada 2020, Rabu (27/11/2019)

BACAN – Tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) telah dimulai dengan keluarnya PKPU nomor 15 tahun 2019. Tentunya demi terselenggara Pilkada yang jujur dan adil tidak hanya masyarakaat yang berperan aktif dalam mengawasi Pilkada 2020 nanti. Namun peran pers sangat penting dalam mengawasi jalannya demokrasi nanti.

“Peran teman teman Pers sangat penting untuk ikut mengawasi jalanya Pilkada Halsel 2020,” kata Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasin, saat menggelar rapat koordinasi penyusunan Indeks Kerawanan Pemilihan kepala daerah tahun 2020 yang berlangsung di ruang aula Bawaslu Halmahera Selatan, Rabu (27/11/2019)

Menurutnya, untuk melakukan pemetaan dan deteksi dini terhadap berbagai potensi pelanggaran dan kerawanan menghadapi pelaksanaan Pilkada tahun 2020. Bawaslu mengandeng sejumlah instansi teknis yakni KPUD Halsel, Polres Halsel dan Pers untuk merilis indeks Kerawanan Pemilu melalui kuesioner yang disiapkan.

“ Peran pers ini sangat penting, makanya kami sandingkan data melalui kuisioner yang telah di bagikan kepada instansi teknis yang ikut rapat koordinasi ini. Jadi kuisioner itu ada pertanyaan-pertanyan pelanggaran pemilu yang terjadi pada Pileg tahun kemarin, dari data kuisioner tersebut kita jadikan bahan sandingan untuk evaluasi Pilkada 2020 nanti,” tegas Kahar

(Bmz)

Baca Juga:  Pendukung AHM-RIVAI Desak Bawaslu Segera Proses Dugaan Politik Uang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *