oleh

Masyarakat Halbar Mulai Jadikan Jagung Sebagai Program Primadona

-Daerah-1.477 views

Dari Jagung, Sekolahkan Anak Hingga Ke Jakarta

Bupati Danny saat melakukan panen jagung di Desa Goal.

JAILOLO – Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) untuk mengembangkan sektor pertanian di mulai menemukan hasil yang signifikan.

Pasalnya, program pengembangan jagung di Halbar yang sudah memasuki dua tahun ini, banyak petani jagung sudah mulai mendapatkan hasilnya dari potensi jagung yang dikembangkan oleh Pemkab Halbar. Pengembangan potensi jagung saat ini sudah mencapai puluhan hektar dan kemarin paneng jagung di Desa Goal Kecamatan Sahu Timur seluas 50 hektar yang hasilnya sekitar 250 ton.

Hendrik Salawe salah satu petani yang ditemui di Desa Goal, kemarin menyatakan, program Bupati Danny Missy di sektor pertanian sangat merubah pendapatan para petani. Hendrik bahkan mengaku, sejak program jagung diluncurkan, ada sebagian petani Kelapa dan Pala tidak peduli lagi dengan Komoditi Kelapa dan Pala, karena hasil jagung sangat menjanjikan.

“Saat ini kami sudah kekurangan lahan, karena lahan jagung yang kami tanam di bawa pohon kelapa semuanya sudah penuh,”ungkapnya.

Ia menambahkan, dari hasil potensi jagung yang saat ini dia nikmati sudah puluhan juta, karena saat penanaman pertama yang dia lakukan hanya 8 kilo jagung yang hasilnya sekitar 2 ton dengan hasil penjualan Rp. 7 juta, setelah itu, dia mulai kembangkan 1 hektar dan hasil panen 6 ton, hasil penjualan 18 juta dan saat ini panen 2 hektar yang bisa dipastikan hasil yang diterima sebesar Rp. 30 juta.

“Ini uang nyata, jadi potensi jagung sangat menjanjikan, bahkan anak saya kulia kesehatan di Manado yang baru wisuda beberapa waktu lalu adalah hasil dari jagung dan tahun depan mau ambil program ners di Jakarta dan biayanya dari hasil jagung,”katanya.

Dia berharap, program Pemkab dalam pengembangan jagung terus dikembangkan, sehingga para petani bisa mendapat keuntungan dari program jangung.

“Kami sangat berterima kasih kepada pak Bupati yang telah mencetuskan program pengembangan jagung di Halbar,”ujarnya.

Sementara Bupati Danny Missy mengaku, program jagung merupakan program unggulan Pemkab Halbar, sehingga Pemkab selalu mendukung apa yang diinginkan oleh rakyat terkait pengembangan jagung di Halbar.

“Bibit, Pupuk, Alat Pertanian sudah kita siapkan, jadi saya berharap masyarakat bisa merubah maindset untuk pengembangan pertanian, sehingga tidak bergantung pada satu sektor. Jagung adalah program prioritas, tinggal masyarakat yang mengimplementasikan di lapangan, karena sudah banyak petani merasakan hasilnya,”pungkasnya. (HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *