oleh

Asisten I Diperintahkan Bentuk Tim Usut Dugaan Korupsi DD dan ADD Desa Loseng

-Daerah-1.096 views
Ahmad Salawane | Foto: Ist

TALIABU – Bupati Pulau Taliabu (Pultab) Aliong Mus, memerintahkan Asisten I Ahmad Salawane, membentuk tim untuk mengusut dugaan kasus korupsi Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) desa Loseng kecamatan Taliabu Timur Selatan Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab).

Ahmad Salawane memaparkan, Perintah tersebut disampaikan langsung oleh bupati sebagai bentuk tindak lanjut aspirasi masyarakat desa Loseng yang sempat melaksanakan aksi di depan halaman kantor Bupati, Rabu (18/9/2019) kemarin.

“Saya diperintahkan bupati, untuk membentuk tim yang melibatkan pihak inspektorat dan Dinas PMD untuk mengecek secara langsung di desa Loseng apakah aspirasi masyarakat itu betul apa tidak,” Papar Asisten I Ahmad Salawane.

Menurut Asisten I Ahmad Salawane, Aksi yang di lakukan oleh masyarakat desa Loseng ada tiga hal yang menjadi tuntutan mereka yakni, kepala desa harus menyerahkan APBDes tahun 2017, 2018, dan 2019 tahap I, mendesak kepada Inspektorat untuk mengaudit DD dan ADD desa Loseng, mendesak kepada bupati untuk memberhentikan kepala desa Loseng.

“Pernyataan sikap yang di sampaikan oleh warga masyarakat desa Loseng ada tiga hal yang menjadi tuntutan mereka, yang pertama, menuntut kepala Desa harus segera menyerahkan APBDes 2017, 2018 dan 2019 tahap I, mendesak Inspektorat untuk mengaudit DD dan ADD desa Loseng, mendesak Bupati untuk memberhentikan kepala Desa Loseng,” sambungannya.

Asisten I menegaskan, terkait tuntutan pemecatan bukan ranahnya mereka, tetapi jika kepala desa tersebut melanggar aturan maka yang bersangkutan bisa untuk diberhentikan dari jabatannya.

“Kalau dia tidak melaksanakan amanah rakyat kong dia asal sikat dan asal biking LPJ. Padahal setelah dikroscek tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka kepala desa tersebut bisa untuk diberhentikan,” tegasnya. (Sb)

Komentar