oleh

Bantuan Covid-19 Pemda Taliabu Mulai Tersalur

-Daerah-875 views
Penyerahan secara simbolis oleh  wakil Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Ramli kepada tim gugus tugas (Gustu) Covid-19, Salim Ganiru | Foto: Jak

TALIABU – Upaya meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak pandemi virus corona (Covid-19), maka Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu menyalurkan bantuan paket sembako dan  bantuan stimulan kepada masyarakat Pulau Taliabu, Rabu (20/5/2020).

Penyaluran paket sembako dilaksanakan di Gedung Hemung Sia Sia Dufu tersebut diserahkan secara simbolis oleh wakil Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Ramli kepada tim gugus tugas (Gustu) Covid-19 yang diterima langsung oleh Sekda Pulau Taliabu, Salim Ganiru di gedung Hemungsia Sia Dufu Kecamatan Taliabu Barat, (20/5/2020).

Selanjut tim gustu Pulau Taliabu menyerahkan kepada camat Taliabu Barat untuk di serahkan ke 13 Kepala Desa di kecamatan Taliabu Barat untuk di bagikan ke masyarakatnya masing – masing.

Tanpak hadir dalam kegiatan tersebut yakni Ketua dan wakil ketua DPRD Taliabu, Kejaksaan negeri Bobong, Kepala Pengadilan Negeri Bobong, Kapolsek Taliabu Barat, Danramil Taliabu Barat, Camat Taliabu Barat dan Kepala Desa serta Sejumlah SKPD lingkup pemda Pulau Taliabu.

Kepala Dinas Perindakop Dan UKM Kabupaten Pulau Taliabu, Muhlis Soamole mengatakan beras dan bantuan stimulan Rp 150.000 / Kepala keluarga tersebut akan dibagikan kepada seluruh Kepala keluarga yang ber KK/ KTP Taliabu yang terdaftar di Dukcapil Taliabu paling lambat 10 April 2020 lalu.

“Jadi beras covid dan bantuan stimulan Rp 150.000 per KK itu akan di berikan kepada setiap KK yang beralamat di Taliabu, itu berdasarkan data di Dukcapil Taliabu terbaru tanggal 10 April lalu, jadi kalau ada warga yang baru bikin KK Taliabu di atas tanggal 10 April kemarin itu belum termasuk, karena data yang kita ambil terakhir di 10 April,” katanya.

Amatan media ini, sejak siang bantuan Covid-19 dari Pemda Taliabu berupa beras dan bantuan stimulan tersebut sudah disalurkan ke seluruh desa di kecamatan Taliabu Barat. Bahkan di desa Wayo setelah menerima bantuan tersebut, mereka langsung membagikan ke masyarakat sejak sore hingga malam sekira pukul 23.34 WIT, namun belum tersalur secara keseluruhan, untuk itu akan dilanjutkan pada esok hari.

Pembagian bantuan beras dan bantuan stimulan  di Desa Wayo, Rabu (20/5/2020) | Foto: Focus Malut

Menurut Muhlis, beras dibongkar disetiap ibu kota kecamatan berdasar data jumlah KK yang ada di kecamatan itu, dan untuk kecamatan Taliabu Barat yang terdiri dari 13 desa memiliki jumlah KK sebanyak 4.171 sehingga beras yang di turunkan dikecamatan Taliabu Barat berjumlah 4.171 Sak beras.

Sebanyak 337 ton pengadaan beras bantuan Covid-19 yang diangkut melalui KM North Maluku 01 berkekuatan 348 GT via Luwuk Sulawesi Tenggara, kini telah bertolak dari pelabuhan Bobong untuk menyalurkan beras dan Bantuan Stimulan di 7 kecamatan lainnya. (Al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *