oleh

Bawaslu Kota Ternate Gelar Rakernis Penyelesaian Sengketa Pemilu

-Politik-1.030 views
Pembukaan Rapat Kerja Teknis Oleh Bawaslu Kota Ternate | Foto: ieL Fcs

TERNATE – Dalam rangka menghadapi Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penyelesaian Sengketa Pemilihan Umum di Hotel Austine Kelurahan Gamalama Kecamatan Ternate Tengah, Selasa (19/3).

Rakernis akan berlangsung selama 2 hari, yakni 19-20 Maret 2019 yang dihadiri langsung Ketua Panwaslu Kecamatan dan Kordinator Divisi Hukum Se-Kota Ternate.

“Rakernis ini sangatlah penting dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kemahiran Panwaslu dalam proses penyelesaian sengketa pemilu” Ujar Sulfi Majid Kordinator Divisi Hukum, Pengawasan dan Penindakan dihadapan Peserta Rakernis.

Sulfi mengatakan, kegiatan dimaksud untuk membahas persoalan penyelesaian sengketa dan objek sengketa, guna mengoptimalkan kemampuan Panwaslu Kecamatan dalam penyelesaian sengketa proses pemilihan umum.

“Untuk itu kami melaksanakan kegiatan ini dengan melibatkan 7 Panwaslu Kecamatan agar dapat dipahami proses penyelesaian sengketa termasuk perihal pengajuan sengketa oleh parpol,” tambahnya.

Sulfi Mengaku, dengan adanya rapat kerja teknis ini panwascam semakin memahami mekanisme terkait penyelesaian sengketa pemilu, apalagi hal ini berdasarkan Perbawaslu Nomor 22 tahun 2018.

Kepada Focusmalut.com, Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan menjelaskan dalam PKPU Nomor 7 tahun 2017 juga mengatur tentang pemberian kewewenangan kepada Bawaslu untuk melakukan pencegahan dan penindakan terhadap sengketa proses pemilu.

Selain itu Bawaslu juga berwenang menerima, memeriksa, melakukan mediasi serta memutus penyelesaian sengketa pemilu.

Kifli Sahlan, berharap agar pemilu di Kota Ternate khususnya bisa berjalan dengan lancar, aman, damai dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat serta tetap menjaga Marwah lembaga dalam menjalankan tugas.

Hadir sebagai Narasumber pertama yakni Arisa Murni Rada, MH dengan Materi Tata cara pengajuan permohonan sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Narasumber lainnya diisi oleh Ketua Bawaslu Maluku Utara Muksin Amrin dan Sulfi Majid Kordinator Divisi Hukum Pengawasan dan Penindakan Bawaslu Kota Ternate. (ieL Fcs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *