oleh

Bawaslu Rekomendasikan Dua Oknum Kades Terlibat Politik

-Politik-3.176 views
Kordiv HPP Bawaslu Halsel, Asman Jamel

HALSEL – Selama pelaksanaan pengawasan pada tahapan Pilkada serentak Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Halmahera selatan (Halsel). Beberapa waktu lalu, Bawaslu Halsel menemukan dua kepala desa yang terlibat politik praktis menjelang tahapan pendafaran Bupati dan wakil Bupati Halsel 2020. Temuan itupun, telah di rekomendasikan ke Pemda setempat untuk diproses sesuai aturan.

“Soalnya kedua oknum Kades tersebut  diduga terlibat kegiatan politik sudah kita rekemondasikan ke Buapti Halsel untuk ditindaklanjuti,” ungkap Kordiv Hukum, Penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa (HPP) Asman Jamel. Rabu (19/8/20) kemarin.

Asman menjelaskan, sesuai hasil temuan dugaan pelanggaran hukum, kedua oknum kades tersebut terbukti melakukan pelanggaran kode etik sabagai aparatur pemerintah desa sebagaimana diatur dalam UU no 6 tahun 2014.

“Nah, ini sebagai langkah pencegahan, maka Bawaslu telah merekomendasikan ke Bupati, dua dokumen hasil penangan pelanggaran yang dilakukan oleh kedua kades,” jelasnya.

Kedua oknum kades tersebut adalah Kades Marabose dan kades Matuting. Asman bilang, Kepala Desa Marabose melakukan pelanggaran dengan kampanye terselubung pada saat penjemputan sala satu bakal calon Bupati Halsel di pelabuhan Kupal beberapa waktu lalu. Sedangkan oknum Kades Matuting diduga membuat status di media sosial (medsos) dengan menulis slogan ”padahal PAN usman dan Basam ambil lagi ee”  tulis kades Matuting di medsos.

Asman mengungkapkan bahwa, berdasarkan hasil klarifikasi serta serta hasil penelusuran yang di lakukan Bawaslu Halsel sesuai bukti-bukti maupun fakta yangg di dapatkan Bawaslu. Kedua oknum Kades tersebut terbukti melakukan pelanggaran kode etik aparatur pemerintahan desa yang diatur dalam ketentuan UU no 6 tahun 2014 pada pasal 29.

“Kedua oknum kades ini jelas melakukan pelanggaran, berkasnya sudah kami serahkan ke Bupati untuk ditindaklanjuti sesua aturan yang berlaku,” tegas Asman

(bz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *