oleh

BPK Temukan Rp 1,6 M Perjalanan Dinas DPRD Halsel Fiktif

-Daerah-2.558 views
Ilustrasi

LABUHA – Hasil Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap belanja perjalanan dinas dalam daerah Sekretariat DPRD Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) tahun anggaran 2018, masih menemukan indikasi kecurangan dalam belanja perjalanan dinas yang berpotensi merugikan negara Rp 1,6 M.

Data yang berhasil dihimpun, Sekretariat DPRD Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menyajikan nilai realisasi Belanja Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp 45,2 M dari anggaran sebesar Rp 46,2 M, Realisasi Belanja Barang dan Jasa tersebut diantaranya adalah Belanja Perjalanan Dinas Dalam Daerah berupa Kegiatan Kunjungan Kerja sebesar Rp 1,5 M dan Kegiatan Reses sebesar Rp 80 juta itu dilaksanakan.

Baca juga: Astaga!!! Di Halsel Pembangunan Rumah Adat Diduga ‘Bermasalah’

Namun, berdasarkan hasil wawancara dengan pihak Sekretariat DPRD dan hasil wawancara dengan Kepala Desa, diketahui bahwa kegiatan yang dilaporkan dalam bukti pertanggungjawaban tidak sesuai dengan keterangan pihak Sekretariat DPRD dan keterangan kepala desa setempat. “Dengan demikian, terdapat ketidaksesuaian antara bukti pertanggungjawaban dengan hasil konfirmasi yang berindikasi tidak dilaksanakannya kegiatan kunjungan kerja,” bunyi audit BPK itu.

BPK menyimpulkan, munculnya kerugian tersebut karena Sekretaris DPRD selaku Pengguna Anggaran tidak optimal dalam mengawasi pelaksanaan anggaran. Selain itu, PPK SKPD kurang cermat dalam melakukan verifikasi atas pertanggungjawaban pelaksana perjalanan dinas sehingga membuat dan menyampaikan pertanggungjawaban tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Atas temuan ini, BPK telah mengeluarkan rekomendasi kepada Bupati Halmahera Selatan agar memberikan sanksi kepada Sekretaris DPRD. BPK juga memerintahkan Sekretaris DPRD agar melakukan penarikan uang perjalanan dinas yang telah dibayarkan kepada Anggota DPRD untuk selanjutnya disetor ke Kas Daerah dan memberikan sanksi kepada PPK Sekretariat DPRD. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *