oleh

Bupati Danny Berikan Materi Budaya Halbar di Unkhair

-Daerah-234 views
Bupati Danny saat memberikan materi budaya Halbar di Kampus Unkhair

 

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy diundang memberikan materi Budaya Halbar pada kegiatan Seminar Nasional Serasehan ke XIV di Kampus Universitas Khairun (Unkhair) Ternate yang dipusatkan di Kampus II Unkhair Gedung Nuku, Senin (12/11/19).

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Halbar itu diundang, untuk menghadiri undangan Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKIA) yang melaksanakan Seminar Nasional Sarasehan dengan Tema Menelusuri Jejak Maritim Dalam Prespektif Kebudayaan.

Dalam kesempatan itu, Danny mengajak, semua unsur harus membangun kebersamaan untuk mengembangkan nilai-nilai budaya, karena Budaya kata Danny adalah suatu cara hidup yang berkembang yang dimiliki sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

“Budaya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri manusia, sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis,”ujarnya disambut meriah oleh mahasiswa yang hadir dalam seminar tersebut.

Danny menambahkan, ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari dari suatu pola hidup menyeluruh yang bersifat kompleks, abstrak dan luas.

“Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif di Halbar. Selaku pemerintah daerah kami tetap melestarikan nilai nilai budaya yang ada di daerah,”katanya.

Penyampaian materi oleh Bupati disambut hangat oleh ratusan mahasiswa dan beberapa dosen, karena menurut mereka pengembangan budaya yang dilakukan oleh Pemkab Halbar terbilang sukses, sehingga tarin Cry Jailolo dan Bala-bala bisa mendunia hingga ke kanca International.

Setelah memberikan materi, Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting memberikan penghargaan kepada Bupati Danny Missy sebagai pemateri.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *