oleh

Dari 16 Parpol, Baru 8 Parpol Yang Sampaikan Nama Saksi ke Bawaslu

-Politik-1.108 views
Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan

TERNATE – Sebanyak 8 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu belum memasukan nama-nama saksi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate.  Delapan Parpol yang belum menyampaikan nama-nama saksi yakni, Partai Golkar, PKB,  PAN, Nasdem, Perindo, Garuda, PKS dan PKPI.

Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifli Sahlan, yang dikonfirmasi usai menyampaikan Materi Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM bersama Panwaslu Kecamatan, Jumat (22/3/19) menyatakan, memang tidak ada sanksi bagi parpol yang tidak menyampaikan nama nama saksi, namun dalam ketentuan pasal 351 Undang-undang nomor 7 tahun 2017, tentang kewenangan Bawaslu melatih Saksi Peserta Pemilu, sehingga pelatihan saksi dianggap sangat mendesak.

“Setiap Bimtek bersama KPU dan Parpol, kami selalu ingatlan parpol untuk segera memasukan nama saksi, sehingga kami berharap segera memasukan nama saksi karena, Bawaslu telah menyusun rencana tindak lanjut kegiatan untuk Bimtek terhadap Saksi Parpol dan saksi Capres di tanggal 3-4 April 2019,”ungkap Kifli.

Bimtek Saksi dilakukan, kata Kifli, sangat penting dilakukan, karena pemilu kali ini dianggap rumit dan Form C dipergunakan oleh parpol dengan kepentingan perekapan juga sangat banyak. Bawaslu sendiri, sudah melakukan persiapan untuk memberikan bimbingan teknis kepada saksi parpol sebanyak 9.488 orang secara bertahap, karena jumlah tersebut merupakan akumulasi dari jumlah 593 TPS Se-Kota Ternate dikali dengan 16 Partai politik.

“Untuk itu kami berharap kerja samanya kepada seluruh parpol peserta pemilu agar secepatnya memasukan daftar nama-nama saksi dilengkapi dengan surat mandat supaya mengikuti bimtek,”katanya.

Baca Juga:  Mantan Wakil Bupati Kepsul Beri Dukungan ke HT-Umar

Kifli mengaku, pemberitahuan ke Parpol juga telah disampaikan secara tertulis ke seluruh partai politik guna memasukan masing-masing daftar saksinya.

“Parpol yang sudah sampaikan nama nama saksi yakni, Partai Hanura 592 Saksi, PPP 592 Saksi, PDIP 905 Saksi, PBB 586 Saksi, PSI 436 Saksi, Gerindra 583 Saksi, Demokrat 419 Saksi dan Partai Berkarya 84 Saksi.

“Jadi dari 16 Parpol, 8 sudah memasukan nama saksi, sementara 8 parpol lainnya belum menyampaikan nama parpol,”pungkasnya.

(ieL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *