oleh

Dorong Pengembangan Budaya Melalui Anggaran DD

-Daerah-358 views
Pelepasan peserta Fistival budaya dari Keraton Kesultanan Jailolo, oleh Bupati Danny Missy, Dirjen Kemendes dan Sultan Jailolo

JAILOLO – Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Daerah Tertentu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Aisya Gamawati berharap, Desa bisa mengembangkan potensi budaya melalui anggaran Dana Desa (DD).

Aisya saat menghadiri acara Festival Budaya Perdamaian yang digelar di lokasi Festival Teluk Jailolo (FTJ), Kamis (27/6/19) menyatakan, dari sisi pembangunan, indonesia dimulai dari pembangunan desa, sehingga perencanaan pembangunan itu berbasis desa, artinya pada saat pembangunan itu suda dibuat dalam kondisi musyawarah dengan mufakat dan tidak ada konflik.

“Kalau suasananya dibuat dalam suasana kondusif, saya yakin pembangunan yang dilaksanakan oleh desa adalah pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Aisya juga mengaku, anggaran DD tidak hanya untuk infrastruktur, tetapi anggaran DD bisa digunakan untuk pembinaan masyarakat, juga untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

“Kita punya sistem pengawasan dengan melibatkan satgas DD yang diketuai oleh pak Abidin mantan Kapolri dan kita juga punya nomor telepon 15000 yang bisa di akses oleh masyarakat,” katanya.

Sementara Bupati Danny Missy menyatakan, dalam rangka meningkatkan pariwisata di Halbar, maka potensi yang ada di desa harus terus di promosikan, sehingga melalui anggaran DD, potensi yang ada di Desa lebih dikembangkan dan terus dipromosikan lebih luas sehingga dapat dikenal diseluruh penjuru dunia.

“Saya sudah bicarakan dengan ibu Dirjen, apakah kita bisa lakukan pengadaan alat-alat atau baju adat melalui anggaran DD, kemudian ibu dirjen merespon baik dan memberikan suport, adat istiadat kita yang ada di desa bisa tumbuh dan berkembang dengan baik,” pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *