oleh

DPMD Dorong Peningkatan PAD di Desa Binaan 

-Daerah-1.705 views
Kadis DPM-PD. Asnath Sowo

JAILOLO – DPRD Halmahera Barat (Halbar) diminta segera mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pasalnya, saat ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) berkomitmen mendorong Pendapatan Asli Desa (PAD), sehingga DPRD secepatnya menetapkan Perda terkait Bumdas.

“Hakekat untuk mensejahterakan masyarakat itu, mendorong peningkatan PAD di Desa, sehingga apa yang menjadi tujuan eksekutif dan legislatif untuk mensejahterakan rakyat bisa tercapai,”ungkap Kepala DPM-PD Asnath Sowo ketika dikonfirmasi di kantor bupati, Rabu (23/1/19).

Ia menambahkan, tujuan mendorong peningkatan PAD itu dilakukan, karena ada beberapa potensi di desa yang perlu digarap, seperti sektor perikanan, pertanian, kehutan dan pariwisata, olehnya itu perda Bumdes sangat penting disahkan untuk menjadi sandaran hukum penarikan PAD yang akan dikelolah langsung oleh BUMDes.

“Sementara ini ada sejumlah Desa binaan yang telah dibentuk DPM-PD melalui BRI Cabang Jailolo. Desa binaan yang telah dibentuk itu diantaranya, Desa Sidodadi, Golago dan Desa Bobanehena yang saat ini sudah menerima dana CSR,”katanya.

Asnath mengaku, tahun ini ada lima desa yang akan dibentuk melalui kerjasama Bank BRI dan Pemkab Halbar, sehingga desa binaan yang akan dibentuk itu mendapat pendampingan. Lima desa binaan yang akan dibentuk itu, tersebar di empat Kecamatan diantaranya, Kecamatan Jailolo Selatan, Kecamatan Jailolo, Kecamatan Tabaru dan Kecamatan Loloda.

“Jika masyarakat itu sejahtera, suda pastilah daerah itu kuat,”pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *