oleh

DPO Jaringan Joki CPNS Ternyata ASN Pemkot Makassar

Dua DPO jaringan joki seleksi CPNS Kemenkumham yang ditangkap Polrestabes Makassar. Foto: Arfa

Makassar – Satu dari dua DPO joki seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kemenkumham yang ditangkap ternyata berprofesi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Makassar.

Dia adalah Andi Slamet alias Memet (30). Ia tercatat sebagai ASN di Dinas Koperasi Kota Makassar. Memet ditangkap di Kecamatan Bontoala pada Rabu kemarin, (7/11/2018).

“Satu diantara dua pelaku adalah seorang PNS di Kota Makassar bagian Koperasi,” ungkap Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani di Mapolrestabes Makassar, Kamis (8/11/2018).

Dicky menjelaskan, peran dari Memet tersebut yaitu membuat identitas palsu yang dipakai para joki untuk masuk ke dalam ruang menggantikan peserta asli. Satu pelaku lainnya bernama Muh. Rusnan (33).

Mereka disebut jaringan nasional yang sudah bekerja bertahun-tahun. Ada yang berperan sebagai joki, ada yang berperan sebagai pembuat identitas palsu dan ada yang berperan sebagai broker.

“Peran dari kedua pelaku yang ditangkap yaitu membuat identitas palsu. Jadi kejadian 28 Oktober lalu, para joki masuk ke dalam ruangan seolah-olah mereka adalah peserta CPNS dengan menggunakan identitas palsu,” katanya.

Memet yang sudah diamankan oleh anggota Polrestabes Makassar mengakui perbuatannya tersebut. Ia juga mengakui bahwa perannya hanya sebagai pembuat identitas palsu.

“Saya sebagai perantara pak untuk membuat KTP palsu, jadi KTPnya dibuat seolah mirip dengan peserta asli. Dan baru kali ini saya terlibat pak,” katanya.

Dalam kasus ini, kedua pelaku disangkakan pasal 263 ayat 1 dan 2 juncto pasal 55 ayat 1 KUHP yang merupakan tindak pidana pemalsuan surat dan menggunakan surat palsu dan atau turut serta melakukan kejahatan dengan ancaman hukuman penjara paling lama enam tahun. (nr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *