oleh

Event Pesona Budaya Kepulauan Rempah Resmi Dihelat

Foto Bersama Bupati Danny Missy usai membuka acara Budaya Kepulauan Rempah, di lokasi FTJ, Senin malam lalu.

JAILOLO – Event Pesona Budaya Kepulauan Rempah yang digagas oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI resmi dihelat, Senin (10/12) malam lalu.

Pegelaran Pesona Budaya Kepulauan Rempah yang dipusatkan di lokasi Festival Teluk Jailolo, Senin malam itu, merupakan event yang digagas oleh Kemenpar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar.

Bupati Danny Missy saat membuka tersebut menyatakan, event pesona budaya kepulauan rempah, merupakan bagian kegiatan yang telah di cenangkan oleh Kementian RI berdasarkan UU nomor 10 tahun 2009, pada bidang Periwisata dan Kebudayaan. Dimana saat ini nilai Kebudayaan di Indonesia telah mendapat respon positif di seluruh negara dan dunia.

“Acara ini akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 10 sampai dengan 15 Desember 2018. Selain itu, ivent tersebut  bertujuan sebagai penutup di tahun 2018, yang akan menghadirkan artis Daerah yaitu, Fiky Salamor (artis dari Ambon),”ungkap Danny.

Ia menambahkan, ivent pesona budaya kepulauan rempah mendapat dukungan dari Kementrian Pariwisata RI dan Pemkab Halbar, untuk itu Danny mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama mendukung dan memeriahkan acara ini agar selalu berjalan dengan aman dan lancar.

“Potensi budaya di Halbar sangat menjanjikan, olehnya itu mari sama sama kita kembangkan potensi budaya Halbar untuk lebih di kenal secara nasional dan international,”katanya.

Terpisah Asisten I Vence Muluwere selaku ketua penyelenggaran event Pesona Budaya Kepulauan Rempah menyatakan, Kemenpar event bertajuk gelar pesona budaya kepulauan rempah di Halbar, karena eksistensi Halbar dalam pelestarian nilai budaya terus kembangkan. Hal ini di buktikan dengan Halbar mendapat anugerah penghargaan kebudayaan, sejalan dengan visi-misi Pemkab Halbar, mewujudkan masyarakat Halbar yang cerdas religius berbudaya sehat sejahtera yang bermoral dan berintegritas.

“Untuk menyukseskan visi-misi ini, maka salah satu indikator adalah meningkatkan perekenomian daerah berbasis industri pertanian, perikanan, pariwisata dan budaya degan pendidikan ekonomi kerakyatan,”jelasnya.

Vence mengaku, event budaya kepulauan rempah yang digelar ini, menampilkan atraksi tarian, musik tradisional dan nyayian ideal dengan melibatkan 21 sanggar aktif di Halbar.

Selain bertujuan melestarikan budaya, kegiatan ini juga merupakan langkah untuk memasarkan kearifan lokal sebagai tambahan mengembangkan potensi suatu di daerah.”Kegiatan event budaya kepulauan rempah di danai langsung oleh Kemenpar RI,”pungkasnya.

Hadir dalam pembukaan ivent Pesona Budaya Kepulauan Rempah ini diantaranya, Bupati Halbar Danny Misy, Tim PCO Kementrian Pariwisata Rahma Akbari dan Okta Septirini, Assiten I Setda Halbar Fence Muluwere, Asssiten II Setda Halbar Markus Saleki, Kajari Halbar A.Ag Satya Markandeya, Mewakili Dandim, Koramil Jailolo 1501-03 Kapten Inf. Yani Paunno, Ketua STPK / Banau Dr. Dadang Indahyana, Staf Ahli Fredi Budiman dan Para SKPD pemda Halbar.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *