oleh

Jaringan Telkomsel Mati Total, Pelanggan Beralih ke Operator Lain

-Daerah, Kota-1.951 views

TERNATE – Jaringan Telkomsel di Kota Ternate, Maluku Utara mati total sejak Rabu (26/12/2018) kemarin hingga Kamis (27/12/2018).

Akibatnya, tak satu pun pelanggan Telkomsel yang dapat mengakses jaringan internet.

Sementara untuk berkomunikasi via telepon dirasakan masyarakat sangat kesulitan karena terkadang putus sambung.

Menurutnya, kejadian seperti ini sangat merugikan pelanggan apalagi Telkomsel satu-satunya jaringan telekomunikasi yang merajai di Maluku Utara setelah Indosat.

“Kami sangat berharap secepatnya kembali normal, kalau begini sama dengan kembali ke zaman dulu,” katannya.

Pengamatan Kompas.com, banyak pelanggan mendatangi kantor Telkomsel Ternate untuk menanyakan penyebab matinya jaringan Telkomsel hingga kapan kembali normal.

Dampak gangguan ini, kata Ibrahim, salah satu bagian administrasi Telkomsel Ternate, diperkirakan tidak hanya dialami masyarakat Kota Ternate tapi juga di sejumlah kabupaten dan kota di Maluku Utara.

“Semuanya gangguan kecuali Bacan (Kabupaten Halmahera Selatan) dan Sanana (Kabupaten Kepulauan Sula) karena kedua daerah itu, jaringan kabel bawah lautnya melalui jalur Kauditan, sedangkan yang melalui Bitung, semuanya mengalami gangguan termasuk Ternate dan Sofifi (ibukota Maluku Utara),” katanya lagi.

Sebelumnya, Rina Dwi Noviani, Manager Communications Telkomsel Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan) mengakui adanya gangguan jaringan telekomunikasi di Ternate.

Dia  mengatakan, sejak pukul 08.00 di telah terjadi gangguan kabel laut untuk jalur antara Kota Ternate yang menyebabkan terganggunya layanan Komunikasi Telkomsel di wilayah Ternate.

Menurut dia, saat ini Telkomsel berupaya memaksimalkan layanan komunikasi dengan mengalihkan akses layanan komunikasi melalui backup satelit .

“Kami terus melakukan segala upaya maksimal untuk menangani gangguan tersebut agar layanan dapat kembali normal,” kata Rina melalui pesan WhatsApp ke Kompas.com, Rabu malam.

Atas gangguan jaringan ini, Telkomsel menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan di Ternate.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait  agar proses perbaikan dapat diminimalisir waktunya, sehingga  pelanggan  segera bisa menikmati komunikasi secara  maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, di Galeri Indosat Ternate, banyak masyarakat beralih menggunakan kartu IM3.

“Untuk internet dengan IM3, jaringan kadang 4G kadang error tapi paling tidak bisa telepon dan SMS,” kata Anti, salah satu pelanggan. (mdk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *