oleh

Jelang Pilkada Halsel, KPU Gelar Apel Gerakan Coklit Serentak

-Politik-855 views
Apel Gerakan Coklit serentak yang digelar KPU Halsel, sabtu tadi (foto: Jai humas KPU Halsel)

HALSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Selatan, Sabtu (18/7/2020) tadi melaksanakan apel gerakan Coklit serentak (GCS). Apel tersebut dilaksanakan di halaman kantor KPU Halsel jalan raya Hidayat-Tomori.

Peserta upacara diantaranya, perwakilan KPU Provinsi Malut, Ketua dan Komisioner KPU Halsel, komisioner Bawaslu Halsel, Ketua dan anggota PPK kecamatan, para perwakilan partai Politik, prwakilan  kepolisian serta petugas PPDP.

Ketua KPU Halsel Darmin H Hasim dalam sambutannya menyampaikan, prinsip Coklit harus mendatangi rumah, temui pemilih, lakukan Coklit.

Ia mengatakan sebanyak 483 orang petugas PPDP di Halsel, KPU membekali dengan protokol kesehatan yakni membekali dengan APD, sublemen vitamin c dan APD lainnya kepada petugas dilapangan.

“Untuk apa itu semua, KPU ingin memastikan bahwa pelaksanaan pemilihan Pilkda Halsel ini, baik itu dari penyelenggara, peserta dan pemilih terhindar dari covid19, ini upaya pemutusan mata rantai virus ini,” jelas Ketua KPU Halsel Darmin dalam sambutannya.

Terkait dengan pencocokan dan penelitian (Coklit) Darmin bilang telah dilaksanakan sejak 15 Juli dan berakhir pada 13 Agusutus 2020. Dikatakan, KPU RI telah menginstruksikan kepada KPU di setiap daerah yang menggelar Pilkada serentak agar melaksanakan dua ivent, pertama adalah ‘klik serentak, dan yang kedua ‘gerakan coklit serentak’.

“Coklitnya tetap jalan, jadi klik serentak dan gerakan coklit serentak hanya dua ivent yang dilaksanakan KPU, pertama ivent ini KPU menjadikan sebagai media menyebarkan informasi tentang coklit dan kedua adalah KPU memastikan agar daftar pemilih yang disusun merupakan daftar pemilih yang bersih, ter-update dan akuntabel,” jelas Darmin.

Darmin menekankan agar pelaksanaan Coklit dilakukan secara terus menerus sampai semua pemilih terdata. “Saya menaruh harapan yang besar kepada kita semua agar Coklit ini dapat mengakomodir hak pilih seluruh masyarakat wajib pilih,” ujarnya.

(bz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *