oleh

Lawan Corona, 12 Desa di Kecamatan Gane Timur Patungan Beli APD

-Daerah-897 views

HALSEL – Segala daya upaya dilakukan untuk melawan pandemi Covid -19 (virus Corona) termasuk pencegahan memanfaatkan dana Desa, Presiden RI Jokowi Dodo berharap seluruh lapisan masyarakat harus turun tangan untuk memutus mata rantai virus yang telah makan korban jiwa ini.

Berbeda halnya dengan kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), sebanyak 12 desa yang berada di Kecamatan Gane Timur harus patungan untuk membeli Alat pelindung Diri (APD). Padahal Pemda Halsel mengangarkan Rp 38 miliyar untuk penanganan COVID-19 ini, dan sejak 2 bulan terakhir sudah menghabiskan Rp 800 juta.

Dari pantauan, pada Jumat (17/4/20) kemarin, tim Satgas Terpadu penanganan Covid-19 kecamatan Gane Timur melakukan rapat koordinasi dan evaluasi bersama perwakilan dan kepala-kepala desa se kecamatan Gane Timur. Dalam rapat tersebut 12 desa menyetujui memberikan donasi anggaran senilai RP 2.000.000 per desa untuk penanganan Covid 19 di lingkup Kecamatan Gane Timur terutama untuk pengadaan APD.

Camat Gane Timur, Jais Hi. Ishak mengatakan saat ini anggaran untuk operasional Posko dan penyedian APD terbatas. Dirinya terus melakukan koordinasi dengan pihak Pemda (Gugus Tugas Covid-19) agar ada solusi menghadapi pandemi Covid-19.

“Kami sangat berterimakasih kepada seluruh kepala Desa yang berpartisipasi dana untuk pembelian APD, semoga kita bisa melakukan pencegahan sesuai protap agar dapat memutuskan mata rantai dari Covid 19 yang kian mewabah,” kata Camat Gane Timur Jais yang juga ketua Satgas Kecamatan ini.

Sementara kepala Puskesmas Maffa, Fadli Ishak, memberikan apresiasi kepada semua pihak atas partisipasi dalam membantu kerja kerja medis. Fadli bilang untuk langkah strategis dalam pencegahan penyebaran Covid 19 di Kecamatan Gane Timur, pihaknya akan mengidentifikasi, pemantau, dan melakukan isolasi mandiri kepada orang-orang yang masuk di wilayah Gane Timur.

“Nah untuk itu, kami minta pihak desa harus menyiapkan tempat karantina di masing-masing desa untuk orang yang baru masuk ke wilayah Gane,” jelas Kepus Maffa.

Kapolsek Gane Timur, M. Arsyad Dupa, menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung segala keputusan dan kebijakan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami akan terus berupaya menjaga kestabilan keamanan di Kecamatan Gane Timur agar masyarakat tetap beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan keseharian mereka,” tutup Kapolsek.
(uL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *