oleh

Pemda Taliabu Alokasikan Anggaran Rp 50 Miliar Penanganan Covid-19

-Daerah-2.010 views

TALIABU – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu mengalokasikan anggaran percepatan penanganan dan pencegahan Corona Virus Disiase (Covid-19) senilai Rp 50 miliar.

Bupati Kabupaten Pulau Taliabu H. Aliong Mus, yang didampingi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Pemkab Pulau Taliabu kepada awak media Sabtu (18/3/2020) menjelaskan, hasil rapat TPAD Pulau Taliabu merancang anggaran penanganan Covid-19 kurang lebih Rp 50 miliar.

“Setelah kami rapat bersama dengan tim anggaran pergeseran dari pemda untuk penanganan covid-19 di daerah Taliabu kita bersepakat untuk anggaran covid yang direncanakan kurang lebih Rp 50.219.374.748,” ungkapnya.

Lanjut Aliong, anggaran 50 Miliyar juga ada dukungan dari Dana Desa sebesar Rp 14.200.000.000 untuk penagangan Covid-19.

”Di desa juga mengalokasikan Anggarannya sendiri, mereka juga yang kelola sendiri, tidak dikelola Tim Gugus Tugas Pemerintah Daerah, cuma karena ini anggaran dari pemerintah kita harus totalkan secara keseluruhan, sehingga total anggaran yang direncanakan Pemerintah Daerah Rp.50.219.374.748. Miliyar ,” jelasnya.

”Hari senin setelah anggarannya ditandatangani, Anggarannya kita geser ke Dinas masing-masing yang akan melakukan penyaluran, ” tambahnya.

Terpisa, Kepala Badan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Kabupaten Pulau Taliabu, H. Irwan mansur, SH, mengatakan, sesuai hasil rapat yang dipimpin oleh Bupati selaku ketua tim Gugus Tugas untuk dana penanggulangan COVID-19 mencapai Rp 50 miliar lebih, untuk memenuhi kebutuhan sarana kesehatan serta membantu menanggulangi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Sedikitnya sepuluh OPD yang memberikan sumbangsi terbesar dalam penggeseran anggaran dalam APBD Tahun 2020. Tujuannya, memaksimalkan upaya penanggulangan COVID-19.

Disebutkan Irwan, anggaran yang digeser meliputi anggaran perjalanan dinas ke luar daerah, anggaran kegiatan insentif daerah dan anggaran pembangunan Pasar Kintamani. “Anggaran perjalanan dinas luar daerah dan kegiatan lainnya yang digeser,”katanya.

Baca Juga:  Pjs. Bupati Taliabu Kuker ke KPU dan Bawaslu

Disinggung mengenai minimnya nilai anggaran perjalanan dinas luar daerah dari eksekutif  yang digeser jika dibandingkan dengan Legislatif, Irwan mengatakan dalam rapat teleconference belum lama ini, Bupati Pulau Taliabu sudah meminta Sekwan agar berkoordinasi dengan Ketua DPRD. Toh di tengah situasi sekarang, legislatif tidak bisa melakukan perjalanan dinas luar daerah.

Lebih lanjut dikatakannya, dana Rp 50 miliar hasil pergeseran tersebut sebagian besar disiapkan untuk bidang kesehatan. Seperti pengadaan alat pelindung diri (APD) dan sarana kesehatan lainnya.

Sebagian lagi direncanakan untuk jaring pengaman sosial dalam bentuk pemberian bantuan kepada masyarakat yang miskin yang terdampak COVID-19. Bantuannya bisa berupa uang tunai ataupun sembako. Dirinya juga mengaku tidak menutup kemungkinan pergeseran anggaran ke depannya akan kembali dilakukan jika masih dibutuhkan. “Ini baru tahap pertama. Tidak menutup kemungkinan bila Bupati masih melihat kondisi belum stabil dipastikan akan melihat kegiatan yang bisa digeser. Hal ini dilakukan untuk mengstabilkan kondisi daerah dan masyarakat yang aman dan tidak tertular dengan virus-19 ini,” ujarnya.

Pencairan dana tersebut, kata Irwan tidak perlu meminta persetujuan DPRD. Hanya pemberitahuan ke DPRD. “Dicairkan setelah ada Perbup perubahan ke dalam belanja tak terduga. Dan mekanismenya seperti belanja tak terduga,” jelasnya. (Al)

Perlu diketahui, Rincian Anggaran Rencana Kegiatan Belanja dan Pagu Belanja Dari :

1.) Penanggulangan Tanggap Darurat Bencana Non alam : Rp 2.200.600.000

2.) Pemberantasan Penyakit Penyehatan lingkungan : Rp. 4.131.884.748

3.) Pengadaan Alat Kesehatan : Rp. 21.750.00.000

4.) Penanganan Dampak Sosial : Rp. 7.936.890.000

5.) Dukungan Dana Desa : Rp. 14.200.000.000

> Total : besaran anggaran Covid-19 Rp. 50.219.374.748. Miliyar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *