oleh

Mantan Kades Wokajaya Belum Kembalikan Dana Bumdes 2017

-Halmahera-2.410 views
Ilustrasi

MABA – Penyalahgunaan Dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tahun 2017 di desa Wokajaya kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) yang diduga dilakukan oleh mantan kepala desa (Kades) Ali Togubu, hingga saat ini belum juga dikembalikan.

Anggaran dari Bumdes yang diduga di gunakan oleh mantan Kades ini sebesar sebesar 70 juta  pada tahun 2017 dan terus dipersoalkan warga desa Wokajaya.

Mantan Bendahara desa Wokajaya kecamatan Wasile, Bapak Mesir, ketika diwawancarai wartawan, mengungkapkan bahwa, dana Bumdes desa Wokajaya yang dialokasikan melalui dana desa tahun anggaran 2017 sebesar Rp. 1,15.000.00. Ternyata ditransfer langsung ke rekening Kades Wokajaya Ali Togubu pada saat itu.

“Intinya saya langsung transfer ke rekening Kades waktu itu, selebihnya saya tidak mengetahui apakah di pakai atau kah di pinjamkan,” kata Mesir.

Terkait anggaran Bumdes Rp 70 juta yang digunakan mantan Kades Ali Togubu, Mesir tidak tahu menahu, bahkan dana yang digunakan oleh mantan Kades dijanjikan akan dikembalikan dalam waktu dekat, dan sampai 2018 ini dana Rp 70 juta yang digunakan itu belum juga dikembalikan.

Hal itu pun di pertegas oleh Dasim, mantan ketua BPD 2014-2018. Menurut Dasim, anggaran Bumdes 2017 cair tahap pertama pada bulan Ramadhan 2017 dan tahap kedua cair di bulan Februari 2018.

Menurut Dasim, saat itu anggaran desa Wokajaya masih kosong, sehingga inisatif menggunakan dana Bumdes untuk digunakan dalam lomba desa.

“Saat itu, pak Ali Togubu minta persetujuan saya, tapi kan bukan secara tertulis tapi secara lisan saja, selanjutnya penggunaan uang itu saya tidak tahu. Setahu saya yang di pakai untuk  kegiatan lomba desa di tingkat provinsi itu pada bulan April,” ungkap Ketua BPD Dasim.

Selain itu, menurut Dasim, untuk anggaran perlombaan desa sudah ada anggarannya saat itu, sebesar Rp 20 juta, jika Kades Ali Togubu menggunakan lagi dana Bumdes sebesar Rp 70 juta, sebagai BPD tidak mengetahuinya.

“Kan sudah ada dana sering dari kabupaten, sebanyak 20 juta waktu itu yang mencairkan dana itu, mereka dari kabupaten, juga sempat tidur di rumah saya, namanya pak Husen, itu ada dananya sendiri untuk kegiatan lomba desa, kalau yang lain saya tidak tahu menahu,” pugkas Dia.

Hingga berita ini di pablis tidak ada komentar dari mantan Kades Wokajaya Ali Togubu terkiat masalah ini.

(Pan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *