oleh

Pembukaan Grand Opening Destinasi Digital Pasar Teluk Halbar, Sukses Digelar

-Daerah-413 views
Pemukulan pentong sebagai tanda pembukaan pasar teluk halbar, di lokasi FTJ

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) dan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Halbar sukses melaksanakan kegiatan Grand Opening Destinasi Digital Pasar Teluk Halbar tahun 2018.

Bupati Danny Missy saat menyampaikan sambutannya pada acara pembukaan Grand Opening Destinasi Digital Pasar Teluk Halbar tahun 2018, Minggu (25/11) menyatakan, pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di era globalisasi saat ini, secara tidak langsung telah ikut berpengaruh terhadap pola pikir pemerintah dan masyarakat. kini, berbagai layanan pekerjaan, kegiatan sosial serta pendidikan sudah tersedia secara daring (online). ekonomi digital telah memberikan kontribusi besar bagi ekonomi, serta terbukanya peluang pasar dan bisnis bagi mayarakat. “Penggunaan ponsel dan internet sudah marak di indonesia dan e-commerence tumbuh dengan begitu cepat. Penjualan bisnis daring meningkat 40 persen setiap tahunnya, sehingga pemerintah pusat dan daerah telah merangkul teknologi digital dan semakin banyak layanan pemerintah kini di tawarkan lewat daring (online),” ungkapnya.

Berbagai perkembangan ini, kata Danny, menawarkan peluang untuk mendorong pengembangan ekonomi digital lokal dan regional sebagai cara untuk mendukung pertumbuhan dan pembangunan nasional, olehnya itu, pasar destinasi digital adalah sebuah program terobosan yang mempercepat pemasaran berbagai produk lokal sehingga menaikan sektor pariwisata di daerah yang akses fisiknya menjadi kendala. “Teknologi digital dapat membantu mengatasi sebagian kendala seperti jarak dan infrastruktur untuk dapat di viralkan melalui media sosial,” katanya.

Pengukuhan pengurus Genpi Halbar.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Halbar itu, mengaku, atas nama pemkab Halbar memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat dan anak muda generasi pesona indonesia (genpi) halbar yang telah mendedikasikan diri dalam promosi pariwisata serta mengejawentahkan konsep sapta pesona dengan baik. “Saya meyakini, dengan keahlian serta kreatifitas anak-anak genpi halbar saat ini, destinasi digital pariwisata halbar akan menjadi trending topik nasional,” ujarnya.

Baca Juga:  PT Taliabu Godo Maogena Diduga Caplok Lahan Warga Untuk Dijadikan Logpond

Dengan adanya pasar teluk ini, Lanjut Danny, akan menjadi magnet yang akan menarik minat wisatawan terlebih wisatawan milenial untuk datang ke Halbar. Potensi wisata digital di halbar memiliki nilai tersendiri, yakni keunikan budaya, kehidupan masyarakat yang dinamis serta mempunyai panorama alam dengan lanskap pemandangan yang dapat memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan. “Untuk itu saya berharap di masa mendatang halbar bisa menjadi salah satu icon unggulan pariwisata di maluku utara dan indonesia, karena dengan destinasi digital ini akan menjadikan suatu wadah kreasi masyarakat sekaligus menjadikan destinasi digital ini sebagai pengembangan ekonomi kreatif yang mudah dan murah,” ujarnya.

Hadir dalam pembukaan kegiatan Grand Opening Destinasi Digital Pasar Teluk Halbar tahun 2018, mewakili Gubernur Abdul Gani Kasuba, Asisten I Setdaprov Hasbi Pora, Mewakili Menteri Pariwisata, Herlina Sawaki dan Vransiska Sibarani, Sekkab Syahril Abdurajak, Unsur Forkompimda, Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Halbar, pengurus Genpi dan warga halbar. Kegiatan pembukaan kemarin, sekaligus dirangkaikan dengan pengukuhan anggota Genpi Halbar dan Lounching Destinasi Pasar Teluk Halbar 2018. (HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *