oleh

Pemdes Kramat Salurkan Bantuan Langsung Tunai ke 63 Warga

-Daerah-1.027 views
Kades Kramat, Ardin Ramli saat memberikan BLT kepada warga | Foto: Pemdes Kramat

TALIABU – Pemerintah Desa (Pemdes) Kramat Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada keluarga miskin yang terdampak pandemic corona virus desease (Covid-19), Senin (11/5/2020).

Kepala Desa (Kades) Kramat Ardin Ramli mengatakan penyaluran BLT melalui Dana Desa ini mulai dilakukan pemerintah Desa Kramat, dengan door to door atau mendatangi langsung  ker warga untuk membagikannya.

“Cara door to door adalah salah satu cara menghindari kerumunan warga serta mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Ardin Ramli.

Lanjutnya, penyerahan bantuan BLT ini didampingi oleh unsur TNI/Polri, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), pendamping kecamatan, pendamping desa, dan perangkat desa.

Ardin Ramli yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan penanganan  Covid-19 mengatakan telah mensosialisaikan ke warga penerima BLT dengan protap cegah covid-19.

“Dalam sosialisasi itu kita juga mengimbau warga untuk menggunakan masker, cuci tangan, serta physical distancing yang dilaksanakan di Kantor Desa Busato, sebelum turun langsung dor to dor ke rumah warga penerima BLT yang jumlah penerima keseluruhan adalah 63 Warga,” jelas Ardin.

Dikatakannya, hal itu berdasarkan tentang Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6/2020, prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dialihkan menjadi untuk Desa Tanggap Covid-19, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Jadi BLT ini adalah untuk keperluan yang berhubungan dengan bahan pokok agar dapat mengikuti anjuran pemerintah dalam mencegah bahaya covid-19,” jelas Kades Kramat.

Diketahui, pelaksanaan penyaluran BLT juga dilakukan secara bertahap, saat ini penyerahan pertama, penyaluran kedua mendekati lebaran idul Fitri dan yang penyaluran ketiga pada bulan Juni. (Ad).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *