oleh

Sehat Umagap: 2019 SD dan SMP se-Taliabu Terkoneksi Internet

-Daerah-1.709 views
Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Pulau Taliabu, Sehat Umagap.

TALIABU – Dinas pendidikan dan kebudayaan Pulau Taliabu siap mengucurkan bantuan layanan internet ke sekolah-sekolah guna persiapan pelaksanaan UNBK tahun depan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Pulau Taliabu, Sehat Umagap menyebut peningkatan layanan jaringan internet ini diperuntuhkan untuk Sekolah Dasar maupun SMP se-Kabupaten Pulau Taliabu.

“Bantuan ini secara bertahap, tahap pertama di Taliabu Utara dan tahap berikutnya di Taliabu Timur. Begitu seterusnya hingga terpasang secara keseluruhan,” ucapnya.

Ketika ditanya soal mutu pendidikan dari tahun sebelumnya, Sehat Umagap menjelaskan bahwa pada tahun 2017 pendidikan di Pulau Taliabu belum memiliki nilai raport, sehingga pada tahun 2018 dirinya berusaha mencari solusi agar bisa meningkatkan mutu pendidikan di Pulau Taliabu.

“Atas segala upaya dan kerja keras serta komitmen, pada tahun 2018 mutu pendidikan di Pulau Taliabu mulai meningkat, dan kami sudah bisa laksanakan UNBK,” jelas Kepala Bidang Pendidikan Dasar Sehat Umagap kepada awak media, Senin (2/9/2019) kemarin.

Untuk itu, lanjut Sehat Umagap berharap di tahun 2019 ini, seluruh sekolah baik SD maupun SMP yang ada di Pulau Taliabu bisa mengakses jaringan internet guna menopang mutu pendidikan yang lebih baik.

“Saat ini masih terkendala dengan jaringan, laboratorium serta fasilitas komputer. Hanya beberapa sekolah yang bisa akses internet, yakni SMP 1 Taliabu Utara SMP Negeri 1 Nggele, SMP Negeri 1 Lede, SMP N 1 Losseng sama SMPN 1 Taliabu Barat,” pungkasnya.

Masih kata Sehat Umagap, sulitnya mengakses jaringan internet, membuat mereka selalu mengalami keterlambatan dalam mendapatkan informasi dari provinsi maupun pusat.

“Dengan adanya bantuan ini sangatlah membantu kami. Semoga kita lebih maju dan lebih baik dari kabupaten-kabupaten lain,” Harapnya.

Ditanya soal dari mana bantuan tersebut, Sehat mengaku berasal dari salah satu perusahaan swasta yang berasal dari Amerika, namun tidak menyebut nama perusahaanya. Dia juga mengklaim bahwa peluang tersebut sangat membantu karena mempermudah proses kerja-kerja Dikbud dalam menghadapi UNBK pada 2020 mendatang.

“Karena disini jaringan agak sulit, untuk itu dengan adanya bantuan ini, kami berkomitmen untuk memberikan layanan internet ke sekolah-sekolah untuk menunjang proses UNBK mendatang,” jelasnya.

Ia menambahkan, seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) di Pulau Taliabu harus memiliki Sertifikat Kepsek. Tujuanya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran.

“Jadi kedepan kepala sekolah itu diwajibkan harus punya sertifikat,” ungkap Sehat Umagap, Senin (2/9/2019) kemarin.

Penguatan Kepsek ini dilakukan berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Selain itu, lanjut Sehat, terdapat pulau perintah Peraturan Pemerintah (PP) nomor 38 tahun 1992 tentang Tenaga Kependidikan sebagaimana telah diubah dengan PP nomor 39 tahun 2000, PP nomor 13 tahun 2015 tentang perubahan kedua dari PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan serta PP lain dan Peraturan Menteri. (Sb)

Komentar