oleh

Sektor Perikanan Jadi Prioritas Calon Bupati Hello-Humanis

Calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan nomor urut 1, Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan (Hello-Humanis)

HALSEL – Sektor perikanan menjadi program prioritas Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Helmi Umar Muchsin – La Ode Arfan (Hello-Humanis). Melalui pemberdayaan nelayan, program ini tentu akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat pesisir dan daerah.

Program pemberdayaan masyarakat nelayan ini memang merupakan prioritas pasangan calon Bupati Halsel yang satu ini. Helmi Umar Muchsin saat melakukan kampanye perdananya di kecamatan Botang Lomang menyampaikan jika amanah manjadi Bupati Halsel bersama La Ode Arfan, apa yang ia sampaikan untuk masyarakat nelayan akan ditunaikan.

“Sektor Perikanan menjadi program unggulan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat nelayan di kabupaten Halmahera Selatan,” kata Helmi saat melakukan Kampanye perdana, Minggu (27/9) kemarin.

Selain memaparkan sejumlah program prioritas apabila terpilih nanti pada Pilkada 9 Desember 2020 . Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1 ini menyampaikan kabupaten Halmahera Selatan merupakan daerah pesisir yang masyarakatnya mengandalkan sektor perikanan.

“Kedepan, pemberdayaan Nelayan adalah Prioritas untuk kita dapat mengentaskan para nelayan guna meningkatkan pendapatan mereka,” jelas Helmi.

Kabupaten Halmahera Selatan 75 persen dengan luas wilayanya itu mampu dijadikan sebagai potensi, karena selain potensi alam Halsel juga menjadi sentral lumbung ikan nasional.

“Mestinya dengan penerapan teknologi yang begitu luar biasa ini harus kita kebangkan. Sebetulnya masyarakat itu lebih mengingkan sarana tangkap yang sudah lebih cangih yang berorentasi pada ekspor,” jelasnya lagi.

Dihadapan masyaakat Helmi bilang, Kedepannya harus dilakukan riset sebelum melakukan perencanaan menjadi program yang mendalam tentang potensi-potensi yang cocok untuk dikembangkan yang di dalamnya ada sarana tangkap serta sarana penunjang lainnya, seperti pelabuhan perikanan yang dibagi dalam kalster klaster dari kecamatan Obi, satu kalster di kecamatan Gane Barat Selatan (kepulaan Joronga) hingga bagian kecamatan Kayoa Barat.

“Karena tiga wilayah ini adalah sentra jalur migrasi ikan tuna – cakalang.  Ini prospek loh. Untuk itu jika amanah menjadi Bupati Halsel dipercayakan kepada saya dan Pak La Ode Arfan akan kita lakukan bersama-bersama untuk kemajuan Halsel,”  pungkas Helmi diiringi terikan Hello-Humanis Bupati Halsel, Hello Humanis Bupati Halsel.

 

Peliput  : Tim
Editor   : Zayan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *