oleh

Sengketa Pilkades Tobaru Gane Timur Telah Selesai

-Daerah-1.236 views
Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba (foto Istimewa)

BACAN –  Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba angkat bicara terkait pelaksanaan pelantikan kepala Desa Tobaru Kesayangan Kecamatan Gane Timur yang berakibat pada 71 Kepala Keluarga (KK) Desa Tobaru Kesayangan yang mengancam bakal pindah ke Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) lantaran kecewa dengan kebijakan Bupati Bahrain Kasuba.

Sebagaimana diketahui, kekecewaan 71 KK di desa Tobaru Kesayangan Kecamatan Gane Timur Kabupaten (Kab) Halmahera Selatan (Halsel) itu, lantaran pada saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak beberapa waktu lalu di desa Tobaru Kesayangan dinyatakan tidak sah dan dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PUS) berdasarkan hasil putusan dari Pengadilan Negeri (PN) Labuha ada 9 desa yang akan melaksanakan PSU, termasuk desa Tobaru Kesayangan.  Namun hasil putusan dari PN tersebut tidak ditindaklanjuti, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halsel, bahkan Pemkab Halsel dalam hal ini Bupati Bahrain tidak melaksanakan PSU dan langsung melantik Kades yang masih bermasalah dan belum ada keputusan pemenang Pilkades.

Menurut Bupati Bahrain, ketika ditemui wartawan, Senin (11/3/19) menegasakan, terkait ancaman pindah penduduk dari Halsel ke Halteng, oleh 71 KK Desa Kesayangan itu sifatnya masih mengajukan, aksi pengancaman tersebut, kata Bupati dilakukan oleh Calon Kades yang kalah karena tidak puas sehingga melakukan aksi serta mengajak beberapa masyarakat untuk pindah ke Halteng.

Disentil terkait PSU, Bupati membantah jika pelaksanaan Pilkades di desa Tobaru Kesayangan terjadi PSU. “Memang benar ada gugutan ke Pengadilan, hanya saja pada saat persidangan, tidak ada fakta-fakta persidangan yang membuktikan kalau ada pelanggaran saat Pilkades disana sehingga tidak ada PSU. Dengan demikian,lanjut Dia, sebagai Bupati, tidak mau menabrak aturan, makanya harus melantik Kepala Desa yang menang. Untuk itu masalah Pilkades desa Tobaru Kesayangan telah selesai,” tegas Dia

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Senin pagi tadi, Bupati Bahrain telah mengutus beberapa petugas Pemkab ke Gane Timur.

(Bmz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *