oleh

SK Kades Rabut Daio Bakal Digugat Ke PTUN

-Politik-2.695 views
Muhammad Konoras, SH

TERNATE – Salah seorang calon Kepala Desa Rabut Daio, Kecamatan Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Ridwan Jiko yang merasa dirugikan, bakal melakukan gugatan hukum terhadap hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di desanya yang dimenangkan oleh Abdurahman H Walanda.

Muhammad Konoras, SH, kuasa hukum dari Ridwan Jiko mengungkapkan, proses Pilkades Rabut Daio dinilai tidak menggunakan dasar hukum yakni Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 43 tahun 2014.

“Proses Pilkades itu tidak berdasarkan hukum, sehingga SK Kades yang dikeluarkan bupati harus diajukan ke PTUN,” tegas Muhammad Konoras, Senin (25/3/2019).

Menurut dia, Bupati dengan penyalagunaan kewenangan (abuse of power) seharusnya melaksanakan hasil putusan tim penyelesaian sengketa yang menyatakan Pengumutan Suara Ulang (PSU).

“Panitia penyelesaian sengketa pilkades dibentuk berdasarkan SK Bupati dan angota-anggotanya meliputi kapolres dan kajari. Olehnya itu, pihak yang berkepentingan wajib menerapkan putusan tersebut,” ucapnya.

Atas dasar tersebut, pihaknya bakal melayangkan gugatan ke PTUN atas Surat Keputusan Bupati Halsel tentang Pengesahan Penetepan Pemberhentian Pejabat Kepala Desa Dan Pengangkatan Kepala Desa Rabut Daio, Kecamatan Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan.

Muhammad Konoras juga menyatakan, hingga saat ini salinan rekomendasi PSU, putusan Peninjauan Kembali maupun SK belum juga diterima oleh kliennya. Padahal sebagai Pejabat Tata Usaha Negara dalam hal ini Bupati wajib memberikan salinan putusan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, baik diminta maupun tidak karena itu perintah undang-undang, ungkapnya. (mt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *