oleh

Sukseskan Pemilu 2019, Bawaslu Gelar Diskusi

-Politik-1.147 views
Bawaslu Morotai Gelar Diskusi Partisipasi Pemilu 2019

MOROTAI – Untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) yang berkualitas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pulau Morotai menggelar diskusi bersama Tokoh Agama, Perempuan, OKP dan Mahasiswa.

Diskusi yang dipusatkan di ruang aula kantor Desa Darame Kecamatan Morotai Selatan (Morsel) Rabu (6/2/19) itu, pembahasan tentang partisipasi pemilih DPRD, DPR RI, DPD dan pemilihan Presiden secara serentak.

Anggota Bawaslu Seni Soamole menyatakan, tahapan pemilu serentak saat ini sudah jalan, namun untuk pengawasan bukan hanya tanggunjawab Bawaslu dan KPUD, akan tetapi seluruh komponen masyarakat juga harus ikut berperan jalannya Pemilu.

“Kami berharap masyarakat juga ikut mengawasi pelaksanaan pemilu, sehingga ada pelanggaran segera laporkan ke Bawaslu, sehingga bawaslu turun melakukan investigasi di lapangan,”ungkap Seni.

Penindakan pelanggaran pemilu, kata Seni, melekat di Bawaslu, karena Bawaslu punya fungsi pengawasan jalannya pesta demokrasi, sehingga untuk dilakukan penindakan pelanggaran pemilu, maka Bawaslu bekerja sama dengan Kejaksaan dan Kepolisian yang tergabung dalam tim Gakumdu.

“Mari kita sama sama kawal pemilu, sehingga dapat mewujutkan pemilu yang berkualitas jujur dan adil,”harapnya.

Sementara anggota Bawaslu lainnya, Murjat Hi. Untung menegaskan, pemilu paling sulit di Indonesia adalah pemilu 2019, sebab, banyak masalah seperti, pengalihan pemilu DPRD, DPD dan Presiden.

”Banyak pakar yang menyebutkan, pemilu 2019 itu pemilu paling rumit, karena sudah ada pelanggaran yang ditemukan seperti DPT Ganda, ada coblos lebih dari satu kali serta pelanggaran lainnya, untuk itu harus ada kerjasama dengan komponen masyarakat,”kata Murjat.

Diskusi yang digagas oleh Bawaslu mendapat respon positif dari mahasiswa, salah satunya Jhap Muhammad. Menurut Jhap, kegiatan Bawaslu sangatlah penting, karena untuk mendapatkan pemilu yang berkualitas atau bermutu, tidak hanya peran KPUD dan Bawaslu, tapi peran semua pihak, sehingga diskusi sangat oenting dilakukan, agar semua tahap pemilu dan pelanggaran bisa diketahui masyarakat.

“Kami apresiasi kegiatan Bawaslu, karena ini sangat baik, sehingga masyarakat juga bisa berpartisipasi dalam memantau setiap tahapan, termasuk jika ada temuan bisa disampaikan ke Bawaslu,”pungkasnya. (Nal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *