oleh

152 TPS Halteng Rawan, Panwascam Diminta Jangan Lengah

-Politik-518 views

Kasat: Informasi Tidak Boleh Diserahkan ke Pihak-pihak Yang Tidak Bertanggunjawab

Kasat Intelkam Polres Halteng IPTU Alex Djangu saat memberikan materi di pada raker Bawaslu

WEDA – Kasat Intelakm Polres Halteng Iptu Alex Djangu, meminta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk tidak memberikan informasi kepada pihak pihak yang tidak bertanggunjawab.

Hal itu ditegaskan Kasat Intel saat memberikan materi pada acara Rapat Kerja (Raker) Teknis pemetaan TPS Rawan dan Sistem Pengawasan Pemilu yang digelar oleh Bawaslu Halteng, pada Rabu (10/4/19).

Dihadap 10 Panwascam se-Halteng, Kasat Intelakm Polres Halteng Iptu Alex Djangu yang mewakili Kapolres Halteng menyatakan, sebanyak 152 TPS di Halteng sangat rawan akan terjadinya pelanggaran pemilu, akan tetapi bagaimana tugas dan tanggung jawab sebagai penyelengara pengawas yang hari dijalankan.

Alex juga mengingatkan kepada Panwascam agar jangan mendengar dan memberi informasi kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, karena kalau Panwascam lalai atau lemah akan dimanfaatkan, olehnya itu, sebagai pengawas jangan sampai diajak makan atau lain hal pada waktu menjalankan tugas dalam pengawasan.

“Jangan sampai kita dimanfaatkan dengan cara-cara lain, sehingga tidak fokus dengan tugas dan fungsi kita sebagai pengawas serta menjadi ruang gerak untuk melakukan kecurangan dalam dan luar TPS,”ungkap Alex.

Alex menambahkan, kejahatan bisa dilakukan jika ada kesempatan, olehnya itu pengawasan harus dilakukan secara ketat, sehingga koodinasi juga harus intens dilakukan kepada anggota TNI/Polri untuk dilakukan pengamanan. Bawaslu, Panwaslu kecamatan dan desa dalam melakukan tugas pengawasan pemilu tidak perlu takut dengan segala ancaman dari pihak yang tidak bertanggung jawab karena Polri Dan TNI serta pihak lain siap membantu.

“Untuk mencegah terjadi kerawanan TPS Pada pemilu 2019, penyelengara KPU dan Bawaslu menjadi unjung tombak terciptanya pemilu yang damai, kalau penyelengara tidak netral akan tercipta kecurangan yang berdampak pada masyarakat. Jangan kita buat luka lama yang sudah kita kubur dalam-dalam, bagaimana yang rawan kita jadikan aman, sehingga Pemilu 2019 ini, kita jadikan Halteng khususnya dan Maluku Utara pada umumnya yang lebih baik dari pemilu sebelumnya,”pungkasnya.

(iLx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *