oleh

APKASI Gelar Audens dan Sosialisasi Pendidikan

-Ekonomi-889 views

JAILOLO – Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia (APKASI) menggelar kegiatan audiensi dan sosialisasi staf ahli APKASI bidang pendidikan di kabupaten halmahera barat (Halbar).

Kegiatan audensi dan sosialisasi yang digelar di Desa Awer Kecamatan Sahu Timur, Senin (25/3/19) dihadiri Kepala Sekolah se Halbar dan perwakilan guru di masing-masing sekolah se Kabupaten Halbar.

Bupati Halbar Danny Missy yang diwakili Asisten I Pemkab Halbar Vence Muluwere saat membuka kegiatan audens dan sosialisasi menyampaikan, guru memegang fungsi dan peranan penting dan merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar di ruang kelas, karena menjadi kreator dan penentu dalam usaha terciptanya proses dan hasil belajar yang berkualitas.

”Tugas utama guru adalah mengembangkan potensi siswa secara maksimal lewat penyajian mata pelajaran. Setiap mata pelajaran, dibalik materi yang dapat disajikan secara jelas, memiliki nilai dan karakteristik tertentu yang mendasari materi itu sendiri,”ujarnya.

Ia menambahkan, problematika pendidikan harus segera mendapatkan solusi yang cepat dan tepat, salah satunya dengan cara menerima masukan dan saran serta langkah nyata pihak terkait khususnya pemerintah sebagai unsur yang bertanggung jawab dalam kelangsungan pendidikan.

Kehadiran Apkasi juga dapat menaruh harapan besar terhadap peningkatan mutu pendidikan di Halbar, salah satunya terhadap jumlah tenaga guru yang semakin hari semakin berkuran, banyaknya guru yang pensiun tetapi tidak di iringi dengan pengangkatan atau rekrutmen guru sehingga kekosongan formasi guru harus di isi dengan tenaga honorer  atau guru tidak tetap (GTT).

”Untuk itu atas nama pemerintah daerah, saya memberikan apresiasi dan menyambut baik serta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada APKASI yang telah datang ke daerah kami, dan nantinya sosialisasi ini dapat bertujuan untuk memberikan arahan kepada guru, sehingga apa yang didapat nantinya bermanfaat membentuk karakter siswa, dalam mendukung program indonesia cerdas khususnya di kabupaten Halmahera Barat,”pungkasnya.

(HB/pn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *