oleh

Warga Halteng Pertanyakan Integritas Timsel KPU Zona Satu

-Politik-2.106 views
Seleksi anggota KPU yang di lakukan timsel beberapa hari yang lalu

WEDA – Warga Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) ragukan integritas Tim Seleksi (Timsel) Zona KPU Zona I (satu). Keraguan warga terhadap Timsel itu, bukan tanpa alasan, pasalnya Abubakar Ibrahim yang lolos 10 besar pada seleksi calon KPU Halteng pernah bermasalah pada Pilkada Halteng 2017 lalu, namun saat ini Abubakar diloloskan pada seleksi KPU, sehingga warga merasa ada keganjalan dalam proses seleksi KPU Halteng.

“Saya minta Timsel Zona 1, KPU Provinsi Maluku Utara dan KPU RI mempertimbangkan Abubakar. Sebab, yang bersangkutan pernah melakukan pelanggaran bersama teman-teman KPUD Halteng pada pemiliha Bupati dan Wakil Bupati Halteng Tahun 2017, karena kasus yang dilakukan oleh Abubakar sudah pernah diadukan ke KPU Provinsi Maluku Utara,”ungkap Abd Rasid Jaid kepada wartawan, Senin (25/3/19).

Ia menambahkan, atas pelanggaran yang dilakukan oleh Abubakar, DKPP memutuskan Nasaruddin Awaluddin dan Abubakar Ibrahim melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu. Lolosnya Abubakar sebagai calon KPU, bertentangan dengan asas demokrasi yakni pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Abubakar bahkan melanggar  pasal 3 Undang-Undang Pemilu nomor 7  tahun 2017,”cetusnya.

Terpisah Ketua Timsel Zona I KPU Sri Hatari, menyatakan, Abubakar Ibrahim dan Sri Dewi Nurlaela yang dilaporkan ke DKPP itu, pada sidang sengketa pemilu 2017 lalu sebagai saksi atau pihak terkait bukan teradu. Bila putusan DKPP perberhetiaan secara tetap dari jabatan, maka mereka tidak bisa mengikuti seleksi.

Baca Juga:  Rismanto Pastikan Ada Relawan MS-SM Beralih ke AMR

“Kami sudah cek ke DKPP terkait kedua calon anggota KPU Halteng, Abubakar Ibrahim dan Sri Dewi Nurlaela, mereka mendapat peringatan dari DKPP bukan diberhentikan tetap dari jabatan, sehingga keduanya punya hak mengikuti seleksi KPU Halteng,”jelas Sri ketika dihubungi via telepon.

Sementara Ketua KPU Halteng yang juga mengikuti calon seleksi KPU Halteng, Abubakar Ibrahim mengaku, masalah yang ia hadapi saat pilkada 2017 lalu sudah selesai, bahkan dirinya juga telah menyampaikan klarifikasi kepada Timsel.

“Masalah ini sudah saya klarifikasi ke Timsel,”singkatnya.

(ilx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *