Atasi Blankspot Internet di Desa, Pemda Taliabu Hadiri Rakor Bersama Kemenkominfo

TALIABU – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengambil bagian dalam Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diadakan di Hotel Claro, Kota Makassar, Rabu, (06/092023).

Sekretaris Dinas Kominfo Taliabu, Suparno mengatakan kegiatan rapat koordinasi (Rakor) bersama Kementerian Kominfo bersama lintas sektoral khususnya pada pemerintah daerah dalam rangka membahas peningkatan pelayanan infrastruktur telekomunikasi bakti dan program pendukungnya.

“Ini merupakan kelanjutan Program Tol Langit oleh Presiden yang bertujuan untuk menyediakan akses internet yang merata khususnya di fasilitas-fasilitas publik di wilayah tertinggal, terpencil, dan terluar (3T),” jelas Suparno.

Baca Juga:  Warga Nilai Pelayanan Pemerintah Kelurahan Rua Belum Maksimal

Lanjut Suparno, salah satu program unggulan yang dibahas dalam Rakor ini adalah peningkatan pelayanan program Tol Langit, melalui Layanan Satelit, Satelit Republik Indonesia (Satria-1).

“Program layanan Satria-1 ini menyasar manfaat kepada sekolah, rumah sakit, TNI/Polri dan pihak-pihak lain yang membutuhkan akses internet,” katanya.

Dirinya mengakui masih banyak kekurangan yang masih menjadi hambatan dalam mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi, khususnya di wilayah tertinggal, terpencil dan terluar seperti listrik.

Semoga saja dalam program Tol Laut melalui layanan Satria-1 agar dapat direalisasi dengan cepat agar wilayah yang belum tersentuh jaringan dapat diperbantukan oleh Program Satria-1 ini karena mengingat di era digitalisasi, internet sudah menjadi kebutuhan pokok.

“Kesenjangan akses internet yang terjadi di desa ini bisa diatasi,” harapnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *