oleh

BAHU Nasdem Malut, Ikut Pelatihan Sengketa Pemilu 2019

-Politik-1.100 views

Termasuk 160 Pengacara Nasdem se Indonesia

Ketua BAHU NasDem Maluku Utara, Fahrudin Maloko

TERNATE – Potensi Sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mulai diantisipasi oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Maluku Utara. DPW Nasdem sendiri mengirim pengacara mereka  yang terhimpun dalam  Badan advokasi Hukum (BAHU) untuk mengikuti pelatihan penyelesaian sengketa Pemilu 2019 di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi Cisarua Bogor.

Pelatihan para pengacara Nasdem ini, sudah dilaksanaan sejak, Senin 28 sampai 30 Januari 2019.

Ketua Badan advokasi Hukum (BAHU) NasDem DPW Maluku Utara Fahrudin Maloko, kepada focusmalut.com, Selasa (29/1/19), menyampaikan, selain pengacara NasDem Maluku Utara, juga diikuti 160 Bahu Nasdem se Indonesia yang diberi bimbingan teknis terkait bagaimana cara menghadapi sengketa Pemilu 2019 dalam acara tersebut. Termasuk bagaimana menyusun permohonan, jawaban, putusan, bukti dan lain sebagainya, yang di siapkan oleh Partai Nasdem menghadapi Pemilu Legislatif 2019 nanti pada 17 April 2019.

Menurut Ketua BAHU NasDem Maluku Utara Fahrudin Maloko, bahwa kegiatan ini bertujuan, selain memperdalam pengetahuan praktek hukum beracara di pengadilan Mahkamah Konstitusi (MK) juga terkait sengketa perselisihan suara hasil Pemilu Legislatif 2019, serta untuk menyamakan presepsi para pengacara/Advokat Partai Nasdem saat mengajukan permohonan sengeketa Perselisihan suara, terutama hal-hal teknis.

“ Misalnya jumlah permohonan atau gugatan yang di perbanyak/copy, bukti-bukti surat yang harus di copy atau di leges, serta juga ketentuan waktu pengajuan permohonan perselisihan suara pada Pileg 2019 di MK, yang mana berdasarkan ketentuan undang-undang,” jelas Fahrudin.

Selain itu, kata Dia, para Advokat juga mempelajari teknis perselisihan suara antara para caleg dalam satu partai, dimana perselisihan suara antara caleg dalam satu partai bisa diselesaikan di MK dengan berdasarkan legal standing yaitu, adanya persetujuan atau rekomendasi dari Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal.

“ Intinya pelatihan ini sangat berguna bagi kami di BAHU Nasdem DPW Maluku Utara untuk menghadapi Pemilu Legislatif pada tanggal 17 April 2019 , terutama kesiapan untuk adanya upaya-upaya hukum di Mahkamah Konstitusi,” jelas Ketua BAHU NasDem DPW Maluku Utara ini.

(eros)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *