oleh

Bawaslu Halsel Perketat Seleksi Panwas Pilkada 2020

-Politik-1.378 views
Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasim

BACAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) akan memperketat rekrutmen calon Pantia pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan untuk Pilkada 2020 agar memiliki penyelenggara yang independen dan berintegritas

Ketua Bawaslu Halmahera Selatan Kahar Yasim baru baru ini, menegaskan, Panitia Pengawas Pemilu dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bernah dipecat tidak lagi diakomodir.

“Ini tertuang dalam persyaratan Calon Anggota Panwascam pada point 17 yakni,Tidak pernah diberhentikan secara tidak terhormat dari Penyelenggara Pemilu oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Bawaslu, Bawaslu Kab/Kota, KPU, atau KPU kabupaten/Kota,”tegas Kahar yang juga Ketua Pokja.

Untuk Rekrutmen Panwaslu menurut Kahar, persyaratannya adalah surat keterangan dari pihak pengadilan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengikuti seleksi Panwascam ada ijin dari atasan langsung dengan dibuktikan surat dari pimpinan pada saat pendaftaran.

Sementara kesiapan pelaksanaan tes Computer Asid Tes (CAT) nanti, Bawaslu telah berkoordinasi dengan Pemkab Halsel terkait fasilitas komputer dan sudah siap dipergunakan.

“Waktu pelaksanaan tes rencananya akan dilakukan enam sesi tes dalam sehari dan semoga pelaksanaan tesnya tidak memakan waktu lama.” Jelas Kahar.

Anggota Bawaslu Halsel Asman Jamil menambahkan pada saat proses seleksi tidak ada istilah titipan dari organisasi manapun. Karena semua proses tesnya melalui CAT. Tujuan CAT ini menurut Asman untuk menghindari kecurangan lewat titipan dari organisasi maupun pihak manapun.

Baca Juga:  Panwascam Diminta Jaga Integritas dan Netralitas  

“Kami tegaskan dengan sistem CAT ini, tidak ada istilah titipan dari siapa dan dari organisasi mana pun,” tegas Asman.

(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *