oleh

Bawaslu Malut Bentuk Timsus Awasi Pileg dan Pilpres

-Politik-289 views
Rapat Bawaslu Malut dan insan Pers

TERNATE – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara bentuk tim khusus (Timsus) di delapan Kabupaten/Kota minus Sula dan Taliabu, untuk mengawasi jalannya pemilihan umum baik Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Dimana, tim ini terdiri dari Komisioner Bawaslu, staf dan media.

“Timsus ini dibentuk per kabupaten sebanyak lima orang yang terdiri di internal Bawaslu dan media, minus Kabupaten Sula dan Taliabu. Bahkan, penempatan timsus ini hanya difokuskan pada TPS yang berpotensi rawan,” jelas Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin dalam rapat tersebut, Selasa (16/4) di Kantor Bawaslu Malut.

Muksin mengatakan timsus ini berada di tengah – tengah mereka untuk menjawab solusi ketika ada problem yang tidak bisa dijawab dari Panwascam dan petugas lapangan. Karena salah satu hal yang paling mendasar adalah jalur koordinasi.

Menurut Muksin, timsus tidak mempunyai wewenang untuk mengeksekusi sesuatu, tetapi timsus punya wewenang untuk menyampaikan ke Pengawas TPS, Panwascam dan Bawaslu serta hal – hal yang janggal di Panwascam, PPL dan PTPS dapat ditanyakan di tim khusus dan dijawab timsus.

Meski begitu, Muksin menambahkan timsus ini bertolak ke Kabupaten/Kota setelah usai pencoblosan di TPS masing – masing, pada Rabu (17/5) pagi ini.

(nr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *