oleh

Bawaslu Sukses Gelar Deklarasi Sadar DPT di Kecamatan Gane Timur

-Politik-1.107 views
Deklarasi sadar DPT yang dilakukan bersama Bawaslu,Tokoh Adat, masyarakat, TNI/Polri serta perwakilan masyarakat di Kecamatan Gane Timur

HALSEL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mengelar deklarasi sadar Daftar Pemilih Tetap (DPT) bertempat di Desa Waymili, Kecamatan Gane Timur pada Minggu (15/3/20).

Kegiatan yang berlangsung di perbatasan antara Halmahera Selatan dan Halmahera Tengah itu di hadiri Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Muksin Amrin, Ketua Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan Kahar Yasim, Kordiv PHL Rais Kahar, Perwakilan Kapolsek Gane Timur Kadafi, dan sejumlah masyarakat serta perangkat desa se Kecamatan Gane Timur.

Ketua Bawaslu Halsel Kahar Yasim dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa Waymili dipilih sebagai desa yang pertama kali digelar Deklarasi anti politik uang dan sadar DPT lantaran berbatasan dengan Kabupaten tetangga yakni Halmahera Tengah (Halteng). Untuk itu menurutnya perlu adanya sosialisasi dan sterilisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan sadar terhadap bahaya monay Politik.

” Deklarasi yang pertama dimulai dari Desa Waymili, karena Desa ini berbatasan dengan Halteng, untuk itu kami meminta kepada warga desa Waymili jika belum memiliki KTP atau surat keterangan kependudukan agar segera langsung melaporkan kepada pemerintah,” kata ketua Bawaslu Halsel dalam sambutannya.

Kordiv PHL Rais Kahar juga mengingatkan kepada masyarakat Desa Waymili bahwa jika sudah terdaftar sebagai warga Halteng sebaiknya jangan ikut salurkan hak suara pada Pilkada Kabupaten Halmahera Selatan karena itu melanggar hukum, apalagi saat ini, kata Rais, dalam beberapa bulan kedepan Halsel bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah, sementara tidak dengan Kabupaten tetangga yakni Halmahera Tengah.

“Awas, jika sudah terdaftar di DPT lain lalu ikut coblos itu bisa di pidana, dan kami bakal awasi itu sampai ke akar-akarnya, jadi kalau sudah masuk wilayah Weda jangan lagi ikut coblos, makanya yang belum memiliki KTP secepatnya agar mengurus di Dukcapil,” jekas Rais.

Kegiatan deklarasi Sadar DPT ini di buka oleh oleh Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Muksin Amrin, setelah dibuka, masing masing perwakilan desa yang ada di kecamatan Gane Timur langsung melakukan deklarasi tolak Politik uang dan Sadar DPT yang di Wakili Masing-masing tokoh se kecamatan Gane timur.

“Mari kita awasi bersama pilkada Halsel ini,. Sehingga bisa menciptakan pemimpin yang murni bersih bebas dari Politik uang dan curang DPT,” tegas Muksin saat membuka acara.

(bz/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *