oleh

Begini, Syarat Calon Independen Pilkada Halsel 2020

-Politik-891 views
surat pernyataan dukungan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Halsel 2020

HALSEL – Bagi pasangan calon Bupati dan calon wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) di Pilkada 2020, yang berminat maju lewat jalur independen (perseorangan) diwajibkan menyertakan 15.725 ribu (10 persen) lembar fotochopy KTP dukungan yang tersebar di 16 kecamatan.

Ketua KPU Halmahera Selatan, Darmin H Hasim, mengatakan, sesuai aturan perundang-undangan, penetapan dukungan minimal calon perseorangan tidak lagi berdasar jumlah penduduk tetapi mengacu DPT pemilu terakhir pada Pemilihan legislatif dan persiden 2019.

“Syarat minimal dukungan yang ditandai dengan KTP elektronik sebesar 10 persen dari DPT pemilu terakhir,” sebutnya.

DPT Pileg 2019 Kata ketua KPU, berjumlah sebanyak 157,241 jiwa. Sesuai ketentuan, syarat minimal 10 persen, maka jumlah dukungan yang harus didapatkan calon independen sebanyak 15.725 ribu.

“Jadi calon perseorangan harus mendapatkan dukungan sebanyak lima belas ribu tujuh ratus dua puluh lima ribu KTP,” katanya.

Katanya dukungan tersebut ditandai dengan kopian KTP elektronik. Dimana dilampirkan dengan surat penyataan dukungan untuk pasangan calon.

“Jadi dukungan untuk pasangan calon, bukan saja calon bupatinya tapi wakilnya juga, Tak hanya itu, setiap pendukung yang memberikan KTP kepada calon perseorangan, harus terdaftar dan namanya tercatat pada DPT pemilu 2019. Jika tidak tercatat dalam DPT maka tidak bisa digunakan,” jelasnya

Untuk itu, dari jumlah DPT Pemilu 2019 ini sebesar 157.241 jiwa. Maka kewajiban Calon perseorangan mengumpulkan KTP berkisar 15.725 ribu KTP dan harus tersebar di 16 kecamatan.

“Karena kita ada 30 kecamatan maka harus lebih dari 50 persen, sehingga setiap calon perseorangan harus kumpul KTP yang tersebar di 16 kecamatan,” tegas Darmin

Sementara untuk tahapan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, akan dimulai lebih awal. Yakni pada akhir September ini. KPU terlebih dahulu akan mengumumkan persyaratan pencalonan melalui sosialisasi nanti.
(Bmz)

Komentar