oleh

Bupati Aliong Mus Jadi Irup Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila

TALIABU, MALUT – Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di halaman Kantor Bupati Pulau Taliabu, Jumat( 1/10) pagi.

Kegiatan ini dalam rangka untuk mengenang terselamatkannya Pancasila dari beberapa ancaman pemberontakan yang mengganggu kedaulatan Republik Indonesia.

Baca Juga:  Inilah Penjelasan Sutomo Soal Meluapnya Air di Dusun Tanjungsari

Pelaksanaan upacara diikuti Wakil Bupati Pulau Taliabu Ramli, Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Taliabu Dr. Salim Ganiru, Pejabat Eselon I, II dan III, seluruh jajaran SOPD Kabupaten Pulau Taliabu, Aparatur Sipil Negara yang terdiri atas PNS dan tenaga kontrak di lingkup Pemkab Pulau Taliabu Kabupaten Pulau Taliabu.

Rangkaian upacara diawali dengan laporan komandan upacara yakni Sandi Jansen Soplanit, S.STP kepada inspektur upacara. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 oleh Adimas Anshar Pamungkas, S.STP dan pembacaan ikrar Kesetiaan Pancasila yang dibacakan oleh Mergi Firdaus, S.STP.

Baca Juga:  Konfirmasi Anggaran Media, Kadiskominfo Blokir Nomor Wartawan

Meskipun acara berlangsung singkat dan sederhana namun upacara berlangsung khidmat dan tertib. Terlebih pada saat mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus selaku inspektur upacara.

Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, sekedar mengingatkan kembali bahwa ditetapkannya hari Kesaktian Pancasila setelah adanya upaya pemberontakan agar ideologi diubah menjadi komunis ditandai dengan gerakan radikal G30S/PKI dan Bapak bangsa/Foundhing Fathers (Muhammad Yamin, Soepomo dan Soekarno) telah menentukan Pancasila adalah dasar Negara falsafah berbangsa dan bernegara dalam sidang PPKI tanggal 20 tahun 1945 yang tertuang dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Baca Juga:  DD Terancam Hangus Jika Terlambat Memasukan Perdes Dan APBDes

Untuk itu dirinya menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga:  Pererat Tali Silaturahmi, PT Tekindo Bukber Dengan Masyarakat Lingkar Tambang

Setelah itu, Bupati Aliong Mus beserta Wakil Bupati, Sekda, Asisten daerah dan para Pimpinan OPD selanjutnya mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 dengan tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” secara virtual dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. (hms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *