oleh

Gaji Karyawan Hotel D’Hoek Halbar Dibawa UMP

-Daerah-872 views

JAILOLO – Karyawan Hotel D’Hoek Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mengeluh soal gaji yang dibayar oleh Manager Hotel D’Hoek tidak sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP).

Salah satu karyawan Hotel D’Hoek yang meminta namanya tidak dipublis menyatakan, gaji karyawan Hotel D’Hoek dibayar berfariasi ada yang terima Rp. 1.2 juta dan ada juga yang terima Rp 1,650 juta, padahal sesuai UMP, gaji karyawan harusnya dibayar Rp 2,3 juta hingga 2,5 juta per bulan.

“Kami anggap Disnakertrans tidak mampu melakukan pengawasan, karena gaji yang dibayar tidak sesuai UMP, namun Disnakertrans tidak lagi turun melakukan pemeriksaan terhadap Manager Hotel D’Hoek,”ungkapnya kepada wartawan, Selasa (26/3/19).

Dia juga mengaku, tim pengawas Disnakertrans Provinsi pernah turun melakukan pemeriksaan pada tahun lalu, namun hingga saat ini belum ada hasil, bahkan gaji kariawan hingga saat ini tidak pernah berubah.

“Keluhan gaji di bawa UMP ini bukan saja dikeluhkan oleh Karyawan D’Hoek tapi di hotel dan penginapan lain juga mengeluh hal yang sama, jadi kami berharap Disnakertrans Provinsi dan Kabupaten segera turun melakukan pemeriksaan atau memberi teguran kepada Manager Hotel D’Hoek,”harapnya.

Kepala Bidang Tenaga Kerja,, Hawa Do Samad yang dikonfirmasi menjelaskan, sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Maluku Utara nomor : 320 /KPTS/MU/2018 tertanggal 1 November 2018 bahwa besaran UMP, upah minimum sektoral dan upah minimum sub sektoral provinsi maluku utara 2019 yaitu, Rp. 2.5 juta.

Baca Juga:  Bupati Bahrain Apresiasi Warga Desa Gandasuli

“Kewenangan pengawasan sudah melekat di Disnakertrans Provinsi, sehingga kami akan menyurat ke Provinsi untuk lakukan pemeriksaan terkait keluhan karyawan Hotel D’Hoek,”katanya.

Terpisah tim pengawas Disnakerstrans Provinsi Malut, Munawir A Sangaji saat di konfirmasi via telepon, pihaknya akan turun melakukan kroscek dilapangan.

“Kita akan turun lakukan kroscek, untuk mencaritahu kebenaran keluhan karyawan D’Hoek,”tegasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *