Bupati Bassam Prioritaskan Pembangunan Jalan di Kecamatan OBI

Juni Ini Sudah Mulai Dikerjakan 

HALSEL  – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) ke 21 tahun menjadi hari istimewa tersendiri bagi masyarakat di kecamatan Pulau Obi. Bagaimana tidak. Sejak kabupaten Halmahera Selatan resmi dimekarkan pada tahun 2003. Pemerintah kabupaten terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tepatnya pada bulan Juni tahun 2024 ini pemerintah kabupaten dibawah pimpinan Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun akses jalan berupa jalan hotmix sepanjang 3 kilometer khusus di kecamatan Pulau Obi.

Bupati Bassam sendiri sebelumnya telah menyampaikan bahwa jalan dalam kota kecamatan Obi menjadi prioritas di masa kepemimpinannya.

“Pemerintah akan terus menerus meningkatkan infrastruktur, untuk kepentingan masyarakat,” kata Bassam beberapa waktu lalu

Sebagaimana diketahui bahwa Proyek infrastruktur yang menjadi fokus Bupati Halsel Bassam Kasuba ialah pembangunan jalan penghubung di kecamatan terluar misalnya Obi, Makian kecamatan Kayoa dan Gane, yang direncanakan akan dimulai pada tahun 2024 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Ridwan, Jumat (31/5/24) kemarin mengatakan proyek pembangunan jalan ini sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat di wilayah tersebut.

Untuk jalan di dalam kota kecamatan Obi menurut Ridwan mulai dikerjakan pada awal Juni 2024. Karena saat ini pihaknya masih menunggu material Lapisan Pondasi Atas (LPA) dari Palu Sulawesi Tengah.

“ Jika LPA nya sudah ada, maka  kami langsung aksen diawali pada ruas jalur Rumah Sakit Obi,” kata Kabid 

Baca Juga:  Formasi CPNS Taliabu Hanya 195 Orang

Jalan yang direncanakan untuk diperbaiki meliputi sepanjang 3,7 kilometer dan akan melintasi beberapa desa dalam kota Kecamatan Obi, termasuk kawasan Rumah Sakit (RS) Obi.

“Pengerjaan proyek ini akan dilakukan secara menyeluruh sehingga masyarakat di berbagai bagian Kecamatan Obi dapat dengan mudah mengaksesnya,” ujarnya.

Terkait pihak ketiga kata Ridwan, proyek jalan hotmix dalam kota kecamatan Obi ini dikerjakan oleh PT Modern Maju Membangun (PT.MMM) dengan nilai kontrak senilai Rp 7, 99 miliar. Sepanjang 3,700 kilometer akan dibuat jalan hotmix .

“InsyaAllah pada anggaran perubahan nanti kita akan tambahkan lagi. Ini khusus Obi,” jelas Kabid 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Halsel Muhammad Idham Pora ST mengatakan Proyek ini akan dilakukan bersamaan dengan pembangunan jalan lainnya dan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan publik di wilayah tersebut. Untuk proyek jalan hotmix dalam kota di beberapa lokasi dalam kota Labuha telah selesai dikerjakan.

“Alhamdulillah pekerjaan rehabilitasi jalan dalam kota labuha selesai dikerjakan oleh pihak rekanan. Anggarannya senilai Rp 6.000.000.000.00 miliar,” ungkap Kadis 

Selain untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, pembangunan ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah kabupaten Halmahera Selatan untuk mempercepat pembangunan di wilayah-wilayah pedesaan dan perkotaan.

“Diharapkan ini dapat meningkatkan perekonomian lokal serta memperbaiki kualitas hidup masyarakat di pedesaan dan Kecamatan,” tutupnya.(**)

Editor : Ebamz 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *