oleh

Bupati Danny Tinjau dan Uji Coba Mesin SIKT

-Daerah-884 views

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat Danny Missy meninjau sekaligus melakukan uji coba mesin Sentra Industri Kelapa Terpadu (SIKT) di Desa Acango Kecamatan Jailolo, Senin (25/03/2019).

SIKT yang dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 itu, terdapat 11 item bangunan yakni, Bangunan gedung kantor terdiri empat bangunan yakni, Kantor, gedung Pamer Produk, Gedung Bahan Baku dan gedung Pos penjagaan.

Sementara gedung produksi terdiri lima bangunan yakni, gedung produksi sabut kelapa dan coco piet, gedung produksi batok kelapa, gedung produksi air kelapa, gedung produksi minyak kelapa dan gedung produksi VCO. Selain itu gedung rumah genset, ruang pompa dan Instalasi Pembuangan Air Limba (IPAL).

” Juga dilengkapi dengan jaringan listrik dengan daya 23 VA atau 82.500 wat. Pembangunan SIKT ini, semata mata mendorong pendapatan masyarakat, lebih khusus para petani kelapa, sehingga, anjloknya harga kopra saat ini, para petani kelapa bisa memanfaatkan SIKT untuk bisa menambah pendapatan,”ungkap Bupati Danny ketika ditemui di lokasi SIKT.

Bupati menambahkan, semua program pemerintah dilakukan secara bertahap dan anjloknya harga kelapa saat ini, pemerintah tidak tinggal diam, namun pemerintah terus mencari solusi, dengan berbagai upaya agar masalah harga kelapa ini bisa teratasi.

“Saya berharap masyarakat tetap bersabar, karena semua upaya akan dilakukan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat,”katanya.

Ketika SIKT ini beroperasi, kata Danny, ada kurang lebih 400 tenaga kerja yang akan dipekerjakan di SIKT yang telah diakomodir dalam bentuk kelompok, sehingga SIKT ini selain mengolah kelapa, juga membuka peluang tenaga kerja, sehingga bisa menekan angka pengguran.

“Recananya tanggal 9 April pak Mentri Perindustrian meresmikan SIKT, jadi saya berharap semua prosesnya berjalan lancar dan kedepan masyarakat bisa menikmati hasilnya,”pungkasnya.

(HB)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *