oleh

Disdukcapil Dapat Satu Mobil Layanan Pembuatan e-KTP Dari Kemendagri

-Daerah-1.091 views

MOROTAI – Upaya Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Pulau Morotai melobi mobil layanan pembuatan e-KTP berhasil.

Upaya lobi bantuan mobil layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI sejak tahun 2016 itu, saat ini telah berhasil dan siap dioperasikan. Bantuan mobil yang diberikan oleh Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil itu, nilainya Rp. 1 miliar yang dilengkapi dengan fasilitas pembuatan e-KTP dan KK.

“Tujuan dari bantuan mobil tersebut dalam rangka mempercepat pelayanan pembuatan e-KTP dan KK di Pulau Morotai,”ungkap Kepala Dukcapil Pulau Morotai, Hi. Rajak Lotar, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (20/2/19).

Manfaat dari mobil tersebut, kata Rajak, dapat mempermuda Dukcapil untuk membuat pelayanan e-KTP dan KK, karena ketika Dukcapil turun ke Desa-desa melakukan perekaman, masyarakat tidak perlu lagi ke Kabupaten, karena mobil tersebut dilengkapi dengan sistem internet, sehingga selesai perekaman, langsung dilakukan cetak e-KTP.

Mobil tersebut lanjut Rajak, baru bisa beroperasi setelah penyerahan dilakukan oleh Mendagri, pada tanggal 18 Maret mendatang, karena Mendagri bersama Menteri lainnya akan datang ke morotai pada Maret mendatang.

“Olehnya itu, sebelum dilakukan penyerahan mobil sekaligus uji coba, maka dalam waktu dekat ini kami akan datangkan teknisinya untuk dilakukan  uji coba,”katanya.

Selain mobil, mantan Sekda Morotai itu mengaku, Dukcapil juga berhasil mendapatkan hadia satu unit motor trail CRF Honda 150 dari Kemendagri Hadia yang diberikan oleh Kemendagri ini dilihat dari daerah-daerah yang telah menyelesaikan proses cetakan akte kelahiran di atas 95 persen dan morotai masuk dalam capaian tersebut,”pungkasnya.

(Nal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *