oleh

Doa Bangun Tidur – Arab, Latin, Terjemahan dan Keistimewaan

Doa bangun tidur berbunyi ‘Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.’

Bangun tidur merupakan aktivitas yang dilakukan pada setiap orang, karena memang pada dasarnya manusia membutuhkan tidur setiap harinya sebagai cara memulihkan energi setelah berjam-jam melakukan aktivitas melelahkan seperti bekerja ataupun lain-lain.

Bangun tidur juga merupakan salah satu nikmat yang harus disyukuri karena kita masih diberi kesempatan untuk melanjutkan kehidupan esok dan memperbaiki perilaku jelek sehingga masih ada sisa hidup dalam pengampunan dosa.

Maka dari itu, kita dianjurkan untuk berdoa selesai bangun tidur guna memohon agar hari baru yang akan kita jalani, dapat dilancarkan dan dipermudah dalam urusannya menjalankan pekerjaan ataupun menimba ilmu di sekolah.

Doa Bangun Tidur
Doa bangun tidur ini merupakan bacaan doa sesuai sunnah yang dapat dijadikan amalan pada pagi hari.

Dengan membaca doa pendek ini, insya Allah hari kita akan dipenuhi kebahagiaan, rahmat, dan berkah dari Allah SWT. Bacalah doa ini ketika baru bangun tidur, atau setelah melaksanakan sholat subuh.

Amalkan secara rutin dan istiqomah sepanjang hari. Maka akan semakin banyak kebaikan yang hadir mengelilingi hari kita, lingkungan, dan keseharian. Berikut bacaan doanya :

doa bangun tidur


‘Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.’

Artinya:

“Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.”

Keistimewaan Doa Bangun Tidur

Setiap doa pasti mempunyai keistimewaan dan kebermanfataan bagi kita yang membacanya, karena semua doa mengandung unsur kebaikan, sehingga menghindarkan kita dari hal hal buruk termasuk gangguan syaiton.

Baca Juga:  Gempa 5,1 SR Guncang Mamasa, Warga Palopo Panik dan Bersiaga

Berikut ulasan keistimewaan yang didapatkan ketika kita berdoa setelah bangun tidur:

1. Meningkatkan Rasa Syukur

Doa ini dilafalkan untuk mengucapkan rasa syukur atas kenikmatan yang Allah SWT berikan, melalui tidur nyenyak yang kita lakukan setiap malam.

Dalam lafal doa ini disebutkan kata ‘Alhamdulillah’ yang artinya segala puji bagi Mu ya Allah adalah bukti bahwa kita telah berterimaksih dan wujud syukur atas energi yang dipulihkan melalui tidur kita.

2. Mengingatkan Akan Kematian

Kematian memang hal yang sangat misteri, kita tidak tahu kematian menghampiri disaat apa dan bagaimana? Mungkin bisa jadi, kematian datang disaat kita terlelap dari tidur?  Atau sebelum tidur?

Maka dari itu, kita semakin menyadari bahwa kehidupan dan kematian adalah murni kehendak Allah SWT. Sehingga jika kita diberi kesempatan untuk bangun dipagi hari.

Setidaknya kita membaca doa bangun tidur guna meningkatkan rasa syukur serta mengingatkan akan kehidupan dan kematian yang entah kapan datang menghampiri kita.

3.  Bukti Tawakal Kepada Allah SWT.

Tawakal artinya berserah diri. Kita menyadari sepenuhnya bahwa kematian dan kehidupan adalah kehendak Allah SWT.

Sehingga kita senantiasa berserah diri kepada-Nya sebagaimana firman Allah SWT di dalam QS. An-Nahl ayat 81 yang berbunyi “Demikianlah Allah SWT menyempurnakan nikmat-NYA atasmu agar kamu berserah diri kepada-NYA”.

Demikianlah ulasan doa bangun tidur, doa yang baik akan datang kebaikan pula pada diri orang yang membacanya, dan semoga kita menjadi hamba yang bertawakal serta selalu mensyukuri atas nikmat yang telah Dia berikan.

Sumber: https//saintif.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *