oleh

DPD II Partai Golkar Putuskan Biaya Administrasi Ditiadakan

-Politik-744 views
Makmur Gamgulu, Wakil Ketua Tim Penjaringan Partai Golkar Kota Ternate, (Kacamata Kedua Dari Kiri) | Foto : Ist.

TERNATE – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) II partai golkar telah menghapus biaya administrasi dalam proses penjaringan bakal calon kepala daerah.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Makmur Gamgulu selaku Wakil Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota dalam menghadapi Pilkada tahun 2020.

Makmur secara tegas mengatakan bahwa proses penjaringan bakal calon kepala daerah yang dilakukan partai golkar tidak lagi dikenakan biaya apapun termasuk biaya administrasi.

“Atas nama Partai Golkar Kota Ternate menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh elemen masyarakat dan publik terkait dengan pernyataan-pernyataan kaders partai golkar di media massa maupun media sosial lainnya yang mengatakan ada proses pembayaran administrasi saat mendaftar,” jelas Makmur kepada Media ini, Kamis (29/8/2019).

Dia juga mengatakan sudah ada kesepakatan melalui rapat tadi malam, sehingga dalam rapat itu diputuskan, partai golkar kota Ternate membebaskan biaya pendaftaran kakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ternate.

“Dari keputusan rapat tadi malam, DPD II Partai Golkar Kota Ternate, tidak lagi memungut biaya pendaftaran untuk setiap pendaftaran di tim penjaringan pada DPD II Partai Golkar,” ungkap Makmur yang juga Anggota DPRD terpilih Kota Ternate Periode 2019-2024.

Menurut Makmur, langkah ini dilakukan sebagai isyarat aturan perundang-undangan dan mekanisme penjaringan di partai golkar terkait  petunjuk pelaksana Partai Golkar dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang mengatur tidak ada biaya yang dibebankan kepada bakal calon kepala daerah.

Bukan hanya itu, lanjut Makmur mengatakan, “ini juga sebagai bentuk semangat Partai Golkar dalam membrantas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme atau kata lain Partai Golkar menyemangati undang-undang pemberantasan Korupsi,” tambahnya.

Selanjutnya, DPD II Partai Golkar Kota Ternate melalui Tim Penjaringan menyampaikan masih ada perpanjangan jadwal pendaftaran hingga tanggal 30 Agustus 2019 untuk pengambilan formulir dan pengembalian formulir pendaftaran dimulai pada 31 Agustus sampai 2 September 2019.

“Untuk itu Partai Golkar Kota Ternate membuka ruang seluas-luasnya kepada seluruh komponen masyarakat untuk mendaftarkan diri ke Partai Golkar dan memenuhi syarat administrasi,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, sampai saat ini sudah ada 9 orang yang mendaftarkan diri sebagai Calon Walikota, 5 orang sebagai Calon Wakil Walikota dan tidak ada proses pembayaran administrasi pada saat pendaftaran. [ IL Fcs ]

Komentar