oleh

Dua Mesin Rusak, Listrik Dikepsul Padam Bergiliran

-Daerah-1.629 views

SANANA – Pemadaman listrik yang sering dilakukan Perusahan Listrik Negara (PLN) ranting Sanana Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menjadi perhatian Komisi II DPRD Kepsul.

Komisi II DPRD Kepsul bersama Dinas Lingkingan Hidup (DLH) saat meninjau secara langsung kelokasi masin PLN  di Desa Wai Kalopa Kecamatan Sanana, Rabu (23/01/2019), menemukan sejumlah masalah yang mengakibatkan listrik di Kepsul harus dilakukan pemadaman secara bergiliran.

Ketua Komisi II Ilyas Yainahu saat dikonfirmasi, Kamis (24/02/2019) menyatakan, penyebab pemadaman listrik di Kepsul, karena ada dua masin PLN yang rusak, sehingga dari lima masin PLN, hanya tiga masin yang beroperasi, sehingga pemadaman listrik harus dilakukan.

“Ada dua masin yang rusak, makanya pemadaman listrik sering dilakukan,” ungkapnya.

Selain kerusakan dua masin PLN, kata Ilyas, kabel listrik yang ada di Kepsul belum menggunakan kabel bungkus, sehingga ketika terjadi hujan dan angin kencang maka terjadi gangguan jaringan.

“Kami juga berharap PT. Aggerko Kertabumi Tekindo harus jeli mendistribusi minyak solar, karena solar yang dipasok sangat kotor, mengganggu aktifitas masin PLN,” katanya.

Terpisah Manager PLN Sanana Yodhi Ayodya Wiwaha menyatakan, kapasitas listrik di Kepsul 3750 KW, tapi akibat kerusakan dua masin, kapasitas yang saat ini tinggal 2250 KW, sementara beban puncak di kota Sanan sebesar 2900 KW,  jadi ada defisit sekitar 650 KW.

Baca Juga:  139 CPNSD Pulau Taliabu Dinyatakan Lulus

“Saat ini kita lagi menyewa masin spareparts dari jakarta dan diperkirakan tiba akhir Januari, dan diupayakan listrik normal awal bulan Februari,” pungkasnya.

(JG)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *