oleh

Gorong-gorong Rusak di Desa Lede, Inilah Penyebabnya

-Daerah-1.289 views
Kabid Bina Marga Dinas PUPR Pultab, Amin Ata Sahafi | Foto: Raka

TALIABU – Pembangunan gorong-gorong yang berada di desa Lede kecamatan Lede kabupaten Pulau Taliabu yang telah dikerjakan oleh CV Sembilas Belas, sempat disoroti oleh masyarakat Pulau Taliabu. Pasalnya, proyek yang baru saja diselesaikan kini telah ambruk.

Menurut Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Amin Ata Sahafi saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (27/8/2019) mengatakan bahwa rusaknya gorong-gorong tersebut diakibatkan oleh dilaluinya alat berat yang melibihi kapasitas.

“Pertama, pelaksanaan itu baru saja selesai dan dalam masa pemeliharaan, sehingga tidak wajar kalau dilewati alat berat. Kedua, torang (kami.red) tidak bisa menyalahkan pihak alat berat karena itu jalan,” ungkap Kabid Bina Marga Amin Ata Sahafi.

Ata juga menyatakan bahwa setelah dilakukan pengecekan, ternyata terdapat ada Penyalahgunaan spek dalam pembangunan gorong-gorong.

“Besi dan Campuran tidak sesuai dengan metodenya. Sehingga kerusakan gorong-gorong menjadi tanggungjawab kontraktor untuk memperbaiki dan melaksanakan pekerjaan itu sesuai dengan ketentuan dan hari ini sudah mulai dikerjakan,” jelasnya.

“Sekalipun masih utuh, akan tetapi saat dilakukan monitoring oleh pihak dinas dan ternyata ditemukan ada pekerjaan diluar dari spek maka akan dibongkar dan pihak kontraktor diharuskan membangun kembali. Hanya saja semuanya melalui tahapan,” sambungya.

Lebih lanjut, Kabid Bina Marga Amin Ata Sahafi mengatakan, setelah ditelusuri ternyata kontraktor kecolongan dari bas selaku penanggungjawab tukang. Sehingga komitmen penanggungjawab pelaksana kerja tidak sesuai dengan ketentuan dan itu sudah dilaporkan ke kepolisian.

Baca Juga:  Terkait Izin PT. TPC, Muhaimin Syarif: Bupati Pultab Kurang Baca

“Kami merasa senang jika ada perhatian dan kepedulian dari masyarakat seperti itu. Karena menjadi kontrol bagi kita semua, agar tidak ada lagi kontraktor yang nakal,” tutupnya. (Sb).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *