oleh

Proyek Pembangunan Gorong-Gorong Desa Wayo Bakal Dihentikan

-Kabar Utama-1.340 views
Pembangunan Gorong-gorong di desa Wayo | Foto: Mhyron Th.

TALIABU – Kepala Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Amin Ata Sahafi mengeluarkan peringatan keras bagi para pelaksana kegiatan. Ia menegaskan supaya di lokasi kegiatan, papan informasi proyek wajib dipasang.

Informasi yang dihimpun Focus Malut, Ata Sahafi, mengeluarkan peringatan ini setelah adanya informasi bahwa di lapangan khususnya di lokasi proyek pelaksana kegiatan tidak memasang papan informasi kegiatan. Guna tidak menimbulkan tanda tanya bagi masyarakat setempat maupun warga yang sedang melewati jalan tersebut.

“Saya sudah tegaskan kepada kontraktor, kegiatan itu harus dihentikan sementara sampai papan informasi itu terpasang,” ujar Ata Sahafi kepada awak media, Rabu (28/8/2919).

Proyek Pembangunan Gorong-gorong di Wayo yang sudah mencapai kurang lebih 80% Tanpa Papan Informasi | Foto: Mhyron Th.

Papan informasi kegiatan, lanjut Ata, merupakan salah satu keharusan yang tidak boleh dilanggar oleh pihak perusahaan. Pasalnya dalam aturan ditegaskan, papan proyek itu sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap transparansi anggaran dan kegiatan kepada masyarakat luas. Untuk itu, jika tidak dipasang maka itu sangat bertentangan dengan adanya tata kelola pemerintahan yang baik (Good governance) yang mengisyaratkan adanya akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik.

“Dalam aturannya pun jelas, itu wajib ada. Makanya saya tegaskan, harus terpasang di lokasi agar dibaca masyarakat. Hari ini (Rabu, 28/8/2019) kami akan berikan SP kepada kontraktor, dan jika masih bandel maka akan di blacklist dan hingga pada tingkat pidana,” tegas Kabid Bina Marga itu.

Hingga berita ini dipublish, pihak kontraktor belum berhasil dikonfirmasi soal tidak terpasangnya papan informasi proyek. (Sb).

Komentar