oleh

GPM Minta Pemprov Cari Solusi Atasi Anjloknya Harga Kopra

-Ekonomi-357 views
ketua DPD GPM MALUT, Sartono Halek

TERNATE – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM) Maluku Utara meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) segara mencarikan format untuk mengatasi anjloknya harga kopra saat ini.

Hal ini dilakukan karena turunya harga kopra membuat sebagian besar petani kopra wilayah Provinsi Maluku Utara resah dan kecewa.

ketua DPD GPM MALUT, Sartono Halek dalam rilisnya, Selasa (20/11/18) menyampaikan bahwa kopra merupakan salah satu komoditas andalan masyarakaat Maluku Utara, jika harga kopra mengalami penurunan berkisaran Rp.3000 sampai Rp. 2.600 di beberapa daerah khususnya di daratan Halmahera tentunya sangat meresahkan masyarakat petani kopra.

“ Kita liat sendiri keresahan masyarakat itu di implementasikan dalam bentuk aksi masa kemarin, misalnya di Halmahera Utara  dan teman-teman Mahasiswa di kota Ternate,” kata Sartono

Untuk itu, pihaknya berharap Pemerintah harus segara mencarikan format untuk mengatasi persoalan ini, meskipun diketahui Pemerintah tidak dapat menginterfensi pasar yang bergerak sesuai dinamika pasar global.

“ Untuk menyelamatkan kopra- kopra yang terancam tertumpuk itu, sudah tentu menjadi tanggu jawab Pemerintah untuk mencarikan solusi atau format untuk menstabilkan harga kopra dengan cara mengeluarkan kebijakan penyertaan modal kepada BUMD  sehingga dapat membeli kopra dengan harga yang layak bagi petani.” terangnya.

(Red)                            

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *