oleh

Hari Ini, Halmahera Selatan Diguncang 32 Kali Gempa

-Daerah, Halmahera-2.852 views

 

Halsel, FocusMalut.com – Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (5/1/2019) hari ini tercatat diguncang gempa bumi sebanyak 32 kali.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Geofisika Maluku Utara menyebutkan, jumlah gempabumi susulan yang berhasil di analisis, sampai 06 Januari 2019 pukul 00:00 WIT tercatat sebanyak 32 gempa tektonik yang mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan dengan magnitudo yang bervariasi, antara 3 hingga 4 magnitudo.

Berdasarkan informasi dari laman facebook BMKG Maluku Utara, gempabumi-gempabumi ini tergolong gempabumi kecil, Tidak Berpotensi Tsunami, namun getarannya dapat dirasakan oleh masyarakat karena pusat gempabumi berada dekat dengan daerah pemukiman.

BMKG juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, menghindari daerah lereng, perbukitan atau daerah lain yang berpotensi longsor, tidak terpancing dengan informasi HOAKS, dan terus memantau informasi resmi dari kami baik melalui sosial media, aplikasi infoBMKG atau WRS-BMKG, atau melalui kantor BMKG Stamet Oesman Sadik-Labuha, atau PEMDA/BPBD setempat.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ternate, Kustoro Hariyatmoko mengatakan, sejauh ini belum ada laporan dari masyarakat terkait kerusakan yang ditimbulkan gempa di Kabupaten Halmahera Selatan.

“Kepanikan ada dari warga, tapi pihak BMKG yang ada di Labuha, Halmahera Selatan, telah menenangkan warga yang di sana,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *