oleh

Ingkar Janji, Warga Waleh Demo PT BPN

BPN Sepakat Salur Solar 6 Drum Per Bulan

Masyarakat membuka boikot palang yang di lakukan di dekat kapal tongkang perusahan

WEDA – Dinilai ingkar janji, warga Desa Wale Kecamatan Weda Utara Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) memboikot aktifitas perusahan tambang nikel PT. Bakti Pertiwi Nusantara (BPN).

Pemboikotan aktifitas PT. PBN dilokasi disite sepo Desa Fritu Kecamatan Weda Utara Jalteng Senin,(8/4/19), lalu itu, massa aksi memboikot aktifitas perusahan  kurang 1,5 jam, mulai pukul 11.00 wit, hingga pukul 12.00 wit.

Koordinator Lapangan (Korlap) Hamka Hamim kepada wartawan menyatakan, aksi yang dilakukan warga, Senin lalu adalah bentuk kekecewaan warga, karena pada saat pertemuan, pihak perusahan berjanji akan memberikan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar, namun hingga, Senin lalu, janji dari perusahan tidak pernah direalisasikan.

“Warga 100 KK dijanjikan oleh perusahan akan memberi BBM Solar untuk menyalakan genset sebagai penerangan di Desa, namun janji tersebut tidak ditepati, makanya dilakukan demo dan pemboikotan aktifitas perusahan,”ungkap Hamka.

Hearing yang dilakukan oleh masyarakat Waleh dengan perusahan di mediasi oleh pemerintah kecamatan  kepolisian dan TNI

Setelah menyampaikan orasi, pihak perusahan bersama massa aksi yang difasilitasi oleh Cawat Weda Utara Hasan Soleman, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda desa waleh, Kapospol Weda Tengah Jtara Ipda Samsir Usman, Kapolsek Weda AKP Kader Kie serta anggota Bhabinsa desa waleh Serda Jasman, melakukan hearing dan dari hasil hearing itu, pihak perusahan menyanggupi permintaan warga untuk memberikan minyak solar 6 Drum per satu bulan.

“Jadi sudah disepakati, pihak perusahan akan menyalurkan minyak Solar setiap bulan 6 Drum,”katanya.

Aksi pemboikotan yang dilakukan kurang lebih 1,5 jam itu berjalan lancar dan tidak ada anarkis. Aksi warga dikawal ketat oleh, Anggota Polres Halteng serta anggota pospol Weda Utara dan bhabinsa serta anggota TNI dari koramil weda.

(ilx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *